Sukses

Mendagri Klaim Pembagian BLSM Lancar-lancar Saja

5 hari setelah kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi, pembagian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dinilai masih lancar.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan 5 hari setelah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, pembagian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) belum menunjukkan kendala yang berarti.

"Belum ada, dari 15,5 juta mereka justru berterima kasih sekali karena dia terima Rp 300 ribu, saya jadi Gubernur dulu masih ada BLT, tapi sekarang lebih lancar," ujar Gamawan, Rabu (26/6/2013).

Menurut dia, hanya di beberapa wilayah Indonesia saja terjadi pengembalian Kartu Perlindungan Sosial (KPS) ke kantor pos karena pihak penerima KPS sudah meninggal dunia dan pindah domisili.

"Di Jakarta Pusat, dari 23 ribu penduduk di Sawah Besar, ada 73 orang yang return. 73 itu akan disalurkan ke orang lain yang lebih membutuhkan," jelas dia.

Tidak hanya itu, Gamawan sangat mengapresiasi sistem pembagian BLSM ini karena dirinya menilai kemungkinan kecil hal tersebut dapat disalahgunakan. "Penyelewengan itu kecil sekali, karena dia memegang kartu," imbuhnya.

Seperti diketahui, saat ini pembagian BLSM masih terbatas di 14 kota-kota besar, antara lain, Medan, Palembang, DKI Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Ambon, Yogyakarta, Solo, dan lainnya.

Jumlah kota ini akan terus bertambah setiap hari sehingga pada akhir Juli nanti ditargetkan 15,5 juta rumah tangga miskin yang terdaftar telah menerimanya. (Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini