Sukses

Pemerintah Khawatir RI Masuk Perangkap Negara Berkembang

Hatta Rajasa mengungkapkan terdapat tiga faktor yang bisa membuat negara berkembang gagal melanjutkan pertumbuhan ekonomi. Apa saja?

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Hatta Rajasa mengungkapkan sebagai salah satu negara berkembang terbesar di dunia, Indonesia harus berhati-hati terhadap permasalahan-permasalahan yang akan menghambat momentum pertumbuhan ekonomi.

"Statement yang menggelitik dan selalu mengganggu pemikiran saya mengenai kehawatirannya tentang perangkap negara-negara penghasilan menengah," ungkapnya saat menjadi key note speach dalam Seminar Kajian Tengah Tahun INDEF 2013 Formulasi Kenijakan Ekonomi Politik Menjelang Pemilu 2014, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (2/7/2013).

Hatta menjelaskan setidaknya terdapat tiga permasalahan utama yang perlu diperhatikan dam harus diselesaikan pemerintah. Ketiga hal itu adalah pertama, sektor infrastruktur yang harus selalu melakukan penyesuaian terhadap perkembangan perekonomian Indonesia.

"Negara lalai membangun infrastruktur dalam konteks yang luas, tentu fundamental utamanya sumber daya manusia," jelas Hatta.

Selain masalah infrastruktur, dua faktor lain yang sering dialami negara berkembang adalah kegagalan dalam membangun kemandirian pangan dan sistem perlindungan sosial yang baik.

Ketiga faktor tersebut, ujar Hatta, saat ini terus dipersiapkan pemerintah dalam rangka menjadikan Indonesia sebagai negara pusat produksi terutama dalam menghadapi pasar tunggal ASEAN.

"Pertanyaannya apakan Indonesia akan menjadi production base atau market base, maka hilirisasi dan struktur industri kita harus betul-betul berubah," ujar dia. (Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini