Sukses

3 Tempat Favorit Hatta Rajasa Saat ke Luar Negeri, Dimana Itu?

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa diam-diam ternyata adalah penggemar lukisan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa diam-diam ternyata adalah penggemar lukisan. Saking cintanya terhadap dunia seni, dia tak pernah absen untuk menyambangi tiga tempat wisata saat berada di luar negeri.

"Kalau jalan ke luar negeri, tiga tempat yang saya tidak akan lupakan adalah museum, gedung kesenian dan perpustakaan," kata dia saat kunjungan ke Galeri Art Jog di Jogyakart, Sabtu (6/7/2013).

Di Museum, lanjut Hatta, pengunjung dapat mengetahui sejarah perjalanan dan peradaban sebuah negara. Dengan membangun museum, sebuah negara bisa dikatakan menghargai seni dan budayanya.

"Kalau tidak punya museum, negara tidak dapat menceritakan apa yang hendak disampaikan para critical mass dalam bentuk seni pada masa itu," tambah dia.

Tempat kedua, Hatta menyebut, gedung kesenian. Wadah bagi para insan seniman itu mampu melambangkan kesenian jiwa yang memiliki konektivitas atau hubungan dengan hati dan perasaan. Melalui gedung kesenian, seniman dapat mengekspresikan kreativitas tanpa batas.

"Dan tempat ketiga, yakni perpustakaan yang melambangkan budaya masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge society) sehingga dapat membangun kontribusi besar terhadap peradaban bangsa," ujarnya.

Dalam kunjungannya ke provinsi yang dipimpin seorang Sultan ini, Hatta menyempatkan diri mengunjungi Art Jog. Selama hampir satu jam, insinyur jebolan Institut Teknologi Bandung tersebut dengan seksama melihat ratusan koleksi lukisan, sketsa maupun wayang hasil karya seniman Yogyakarta, Nasirun.

Dia pun menjadi saksi persembahan Art Jog untuk Galeri Nasional Indonesia dengan menyumbangkan lukisan bertema Dewa Durga Memasuki Nirwana. Lukisan tersebut berukuran pajang 2 meter dan lebar 145 sentimeter. (Fik/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini