Sukses

Jambi Bakal Miliki Lumbung Energi Gas

Bupati Tanjung Jabung Barat menggadang target besar menjadikan daerahnya sebagai lumbung energi provinsi Jambi. Bagaimana caranya?

Setelah ditetapkan menjadi contoh percontohan konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi Bahan Bakar Gas (BBG) untuk para nelayan, Pemerintah Daerah Tanjung Jabung Barat, Jambi langsung memasang target tinggi. Salah satu daerah di Jambi ini berharap bisa menjadi lumbung energi bagi masyarakat di provinsi tersebut.

Target besar tersebut dicanangkan Bupati Tanjung Jabung Barat, Jambi, Usman Ermula dalam  Pilot Project Penggunaan LGV Untuk Kapal Nelayan Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, Minggu (7/7/2013).  

"Saya sangat bangga kalau daerah kami dijadikan pilot project konversi dari BBM ke BBG. Ini adalah torehan sejarah, sehingga bisa mengubah pola kehidupan masyarakat yang lebih cerdas terutama dalam pemanfaatan bahan bakar untuk memperoleh energi," kata dia.

Usman optimistis, daerahnya akan sukses memulai gerakan nasional yang mengarah pada perubahan perilaku penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar ke Bahan Bakar Gas (BBG). Apalagi sudah ada beberapa nelayan yang secara mandiri menggunakan BBG dalam mengoperasikan perahunya.

"Dalam menjamin ketersediaan gas, maka dari itu pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah menyusun skenario besar, guna menghasilkan daerah ini sebagai lumbung energi di Provinsi Jambi," ungkapnya.

Melalui program pembangunan kawasan terpadu mandiri energi, yang pengembangannya berada di kawasan sumber daya alam Tanjung Jabung Barat, program konversi BBM ke BBG nantinya juga akan digalakkan dibidang transportasi darat.

"Kami memohon dukungan dari pemerintah pusat khususnya Kementerian Energi Sumber dan Daya Mineral (ESDM), SKK Migas dan Provinsi Jambi agar bisa mewujudkan daerah ini sebagai lumbung gas untuk Provinsi Jambi," tegas Usman. (Dis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini