Sukses

Harga Emas Meluncur Tunggu Kepastian Program Stimulus AS

Harga emas pada perdagangan Rabu (31/7/2013) pagi ini, turun menanti keputusan Bank Sentral AS soal stimulus.

Harga emas pada perdagangan Rabu (31/7/2013) pagi ini, meluncur turun dari kenaikan yang terjadi secara bulanan sejak Januari 2012.

Ini karena para pedagang berharap ada isyarat kuat dari Federal Reserve Amerika Serikat (AS) tentang langkah-langkah stimulus di negaranya.
    
Harga emas di pasar Spot turun 0,08% menjadi US$ 1.325,59 per ounce. Sementara harga emas di pasar AS naik sekitar US$ 2 menjadi US$ 1.326 per ounce, mengutip laman Reuters.

Bullion harga emas telah mencapai hampir 8% pada Juli setelah pasar keuangan meyakini Federal Reserve AS akan mulai tahapan penghentian stimulus moneter dengan mengacu pada penguatan ekonomi AS.

Rencananya, The Fed akan merilis pernyataan pada Rabu sore seusai menggelar pertemuan dalam dua hari membahas berbagai kebijakan.

Pedagang akan mencari petunjuk kapan Bank Sentral AS akan mulai memutuskan tentang stimulus pembelian obligasi bulanan senilai US$ 85 miliar.

Di sisi lain, AS juga akan merilis data pendapatan domestik bruto (PDB) dan laporan jumlah pekerjaan yang akan membantu mengukur kekuatan ekonomi negara tersebut.

David Einhorn, Kepala Hedge Fund Greenlight Capital, mengaku yakin pasar emas "tidak berubah" dan portofolio investasi logam ini memiliki eksposur sama dengan penambang emas dan emas batangan. (Nur)