Sukses

Harga Minyak Mentah Turun Tipis Menanti Laporan Permintaan Global

Harga minyak turun tipis pada perdagangan Selasa (6/8/2013) pagi karena pasar menunggu perkiraan terbaru tentang permintaan minyak global.

Harga minyak dunia turun tipis pada perdagangan Selasa (6/8/2013) pagi karena pasar menunggu perkiraan terbaru tentang permintaan minyak global.

Benchmark harga minyak mentah untuk pengiriman September turun 38 sen menjadi US$ 106,56 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara minyak mentah Brent, yang diperdagangkan di ICE Futures exchange di London, turun 25 sen menjadi US$ 108,70 per barel.

Departemen Energi AS, Badan Energi Internasional dan Organisasi Negara Pengekspor Minyak sepanjang minggu ini akan merilis laporan terbaru mereka tentang pasar energi.

Antara lain mencakup perkiraan untuk permintaan minyak dunia. Analis mengantisipasi beberapa penurunan revisi, mengingat perlambatan ekonomi China.

"Perlambatan pertumbuhan ekonomi China akan menuntut penyesuaian ke bawah dalam perkiraan permintaan global oleh berbagai lembaga," tulis Jim Ritterbusch, Presiden Konsultan Energi Ritterbusch and Associates, mengutip laman Associated Press.

Sepekan yang lalu, harga minyak melonjak hampir US$ 5 per barel sebagai gambaran membaiknya ekonomi global. Gubernur Bank Sentral di AS dan Eropa mengindikasikan akan mempertahankan program yang mempertahankan suku bunga rendah.

Namun, kemudian ada laporan mengecewakan tentang daftar pekerjaan AS yang mendorong harga minyak turun 95 sen, meskipun di akhir minggu keuntungan masih mencapai lebih dari US$ 2 per barel. (Nur)