Sukses

Harga Emas Dunia Naik Khawatirkan Kebijakan Stimulus Fed

Harga emas pada perdagangan Rabu (14/8/2013) ini lebih stabil setelah mengalami penurunan tajam.

Harga emas pada perdagangan Rabu (14/8/2013) ini lebih stabil setelah mengalami penurunan tajam di tengah kekhawatiran Federal Reserve AS akan mulai meruncingkan program stimulus mulai bulan depan.

Harga emas di pasar Spot naik 0,08% menjadi US$ 1.321,76 per ounce, mengutip laman Reuters.

Sementara itu, penjualan ritel AS naik pada bulan Juli, menunjuk ke percepatan dalam belanja konsumen yang bisa mendukung Fed untuk meredakan stimulus ekonomi utama.

The Fed bisa mulai mengurangi stimulus pembelian obligasi sedini mungkin sebelum pertemuan pada September meskipun inflasi berada di bawah target, menurut Presiden Fed Atlanta Dennis Lockhart.

Di sisi lain, nilai dan cadangan emas Rusia turun US$ 13,9 juta di kuartal pertama dan pada kuartal kedua US$ 513,8 juta, sebagian besar karena penurunan harga emas, menurut Bank Sentral Rusia.

Sementara India menaikkan kembali pajak impor emas sebesar 10% dan juga menambah cukai pada logam, setelah penjualan India naik pada Juli meskipun upaya untuk menahan pasokan dan menghambat permintaan karena pemerintah mencoba untuk mengendalikan pengeluaran dolar.

Harga emas di India cenderung meningkat minggu ini, memperpanjang keuntungan melewati level tertinggi dalam empat bulan, karena kenaikan bea masuk dan kelemahan dolar. (Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini