Sukses

Kernel Oil Pernah Menang Tender Minyak Mentah

Perusahaan trading minyak PT Kernel Oil pernah memenangkan tender penjualan minyak mentah.

Perusahaan trading minyak PT Kernel Oil pernah memenangkan tender penjualan minyak mentah. Perusahaan ini yang diduga menyogok Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas).

Direkutur Komersial SKK Migas Widyawan Wiratmaja mengatakan Kernel Oil merupakan salah satu perusahaan trading minyak mentah yang terdaftar di SKK Migas. Saat ini perusahaan trading yang terdaftar ada 40 perusahaan.

Pada tahun ini Kernel oil tidak dapat memenangkan lelang penjualan minyak mentah. "Kernel oil teregister oil trading, menjual minyak negara melalui tender, ada 40 perusahaan yang mengikuti, Kernel Oil salah satu yang teregistrasi di kita," kata Widyawan di kantornya, Jakarta, Rabu (14/8/2013).

Dia menjelaskan, perdagangan minyak mentah dilakukan jika PT Pertamina (Persero) tidak menyerap minyak mentah yang diproduksi dari lapangan minyak Indonesia karena alasan tertentu, sehingga minyak tersebut harus dijual ke pihak lain melalui tender.

"Kita ada minyak mentah yang tidak diambil Pertamina, kan harus dijual. Semua minyak harusnya diambil Pertamina, kalau tidak diambil ya dijual, biasanya tidak cocok dengan kilang, atau sedang maintenance," jelas Widyawan.

Jumlah minyak yang ditenderkan untuk dijual  biasanya mencapai satu kargo dengan kapasitas 200 hingga 400 barel. Widyawan menjelaskan jika ingin menjadi peserta tender, perusahaan harus melakukan proses-proses yang ditentukan SKK Migas, pemenang akan ditujuk jika berani memberikan penawaran dengan harga tertinggi.

"Mereka kalau mau jadi peserta tender harus menyampaikan keinginan, makanya diregister. Selain Kernel banyak saya nggak hapal, tapi semua yang ada trader pasti adalah, semua perusahaan ada trading-nya,"  pungkas Widyawan. (Pew/Nur)