Sukses

Jero Wacik Tak Pernah Dengar Nama Kernel Oil

Menteri ESDM mengaku baru mengetahui nama Kernel Oil ketika muncul berita penangkapan Kepala SKK Migas.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengaku tidak tahu-menahu tentang perusahaan yang diduga menyuap Kepala Satuan Kerja Kusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Rudi Dubiandini, Kernel Oil Pte Ltd.

"Saya tidak mengetahui perusahaan asing tersebut yang bernama Kernel Oil, saya sendiri tidak tahu lebih jelas, perusahaan tersebut bergerak di bidang apa," kata Jero ketika ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (14/8/2013).

Menurut Jero, semua urusan yang menyangkut PT Kernel Oil seluruhnya diserahkan pada penanganan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kementerian ESDM hanya menjamin tidak akan menghalangi proses hukum yang sedang berjalan dan terus mendorong KPK agar segera menyelesaikan permasalahan yang menyangkut Rudi Rubiandini.

"Saya serahkan semua permasalahan ini ke KPK, biar KPK yang mengurus permasalahan ini, saya tidak akan menghalangi permasalahan ini, agar penegakan hukum di negeri ini bisa berjalan dengan lancar," kata Rudi.

Diakui Jero, dirinya baru mendengar nama perusahaan Kernel Oil setelah munculnya dugaan penyuapan yang dilakukan kepada Rudi Rubiandini sebesar US$ 700 ribu dan motor gede (moge) BMW.

"Sangat asing nama Kernel Oil di kuping saya, saya tahu yang sudah familiar saja, seperti Medco, Total, Conoco," jelasnya. (Dis/Shd)