Sukses

Koalisi Rakyat Desak RI Kuasai Lagi Blok Mahakam

Kantor Kementerian ESDM hari ini kedatangan tim Koalisi Akbar Rakyat Selamatkan Negara yang menyerahkan petisi 'Kembalikan Blok Mahakam'.

Kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) hari ini kedatangan tim Koalisi Akbar Rakyat Selamatkan Negara yang menyerahkan petisi Kembalikan Blok Mahakam untuk Rakyat.

Pantauan Liputan6.com, di kantor Kementerian ESDM, tim tiba sekitar 13.00 WIB dan rencanaya anggota tim yang datang akan menyerahkan petisi ke Menteri ESDM Jero Wacik.

Anggota tim yang hadir diantaranya Ketua PP Muhadiyah Din Syamsudin, Direktur Eksekutif Indonesian Reseach Study (IRES) dan Pengamat Migas Kurtubi.

"Siapa saja yang terima, kalau tidak ada yang menerima, yang penting sudah datang," kata Din, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (29/8/2013).

Menurut Din, dalam perpanjangan kontrak, Blok Mahakam harus diserahkan ke pihak Indonesia melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Pertamina (Persero). Jika blok yang terletak di Kalimantan Timur tersebut diserahkan kembali ke Total, pemerintah dituding tidak memperhatikan kesejahteraan rakyat melalui ketahanan energi.

"Pada dasarnya blok Migas yang habis pada masanya, banyak. Kalau energi, dipertahankan jangan kasih asing, logika mana yang menyatakan ketahanan energi diserahkan asing. Baiknya BUMN, janganlah sudah lama dinikmati asing," pungkasnya. (Pew/Shd)
Video Terkini