Sukses

Penasaran Penyebab Tuxuci Celaka, Dahlan Datangi Dealer Tesla

Dahlan masih penasaran dengan pemicu musibah tabrakan mobil listrik Tucuxi di Magetan, Jawa Timur.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan rupanya masih penasaran dengan penyebab tabrakan yang menimpa salah satu mobil Ferarri listriknya, Tuxuci. Dahlan masih yakin penyebab musibah itu karena tidak adanya gearbox dalam kendaraan tersebut.

Untuk membuktikannya, tak tanggung-tanggung, Dahlan sengaja terbang ke Negara Paman Sam, Amerika Serikat (AS), hanya untuk meyakinkan keraguannya tersebut. Tujuannya, dealer mobil listrik Tesla di Seattle, AS.

Dikutip dari keterangan Kepala Biro Humas dan Protokoler Kementerian BUMN, Faisal Halimi, Rabu (4/9/2013), Dahlan mengunjungi dealer mobil listrik Tesla disela kunjungannya ke pusat industri pesawat Boeing.

Tesla adalah mobil listrik paling laris di AS dengan penjualan yang direncanakan mencapai 25 ribu unit tahun ini.

"Yang menarik perhatian saya adalah apakah benar semua mobil listrik di AS tidak menggunakan gearbox, seperti mobil listrik generasi pertama yang saya tabrakkan ke tebing di daerah Sarangan, Magetan itu," kata Dahlan.

Dari hasil pengamatannya, Dahlan menyatakan mobil listrik Tesla ternyata juga menggunakan gearbox. Untuk meyakinkan kembali asumsinya, Menteri yang mencalonkan diri menjadi presiden RI tersebut juga memperhatikan display gambar kendaraan yang sengaja di pasar dealer.

"Saya bertanya bertanya kepada teknisi Tesla yang ada di dealer tersebut, jawabannya tegas, mobil ini menggunakan gear box. Tujuannya untuk pengendalian mobil saat menghadapi jalan yang curam," ujar Dahlan.

Dari pengamatan langsungnya tersebut, Dahlan menyatakan keputusannya untuk menggunakan gera box pada mobil listrik kedua tidak salah. (Shd/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dahlan Iskan adalah mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara yang kini berstatus sebagai tersangka

    Dahlan Iskan

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Tuxuci