Sukses

Ada Pihak Ketiga Hambat Proyek Listrik RI?

Ketua Asosiasi Batubara Indonesia Bob Kamandanu menyatakan ada pihak ketiga yang menghambat pembangunan pembangkit listrik di Indonesia.

Ketua Asosiasi Batubara Indonesia (APBI) Bob Kamandanu menyatakan ada pihak ketiga yang menghambat pembangunan pembangkit listrik di Indonesia.

Bob mengatakan untuk memenuhi kebutuhan listrik yang terus meningkat, sudah seharusnya ada penggenjotan pembangunan pembangkit listrik. Sebab jika hal tersebut tidak dilakukan membuat Indonesia tak memiliki sumber energi penerangan.

"Sudah selayaknya, penambang juga harus membangun. Masalah di-create sendiri, harusnya membangun pembangkit," kata Bob di Jakarta, Selasa (8/10/2013).

Bob menuturkan, selama ini pembangkit listrik yang berasal dari batu bara khususnya tidak kekurangan bahan bakar. Itu karena penyerapan batu bara di dalam negeri masih terbilang rendah dibandingkan dengan produksinya. Namun ada kendala lain dalam pembangunan pembangkit listrik tersebut.

"Kalau sampai Jawa yang kena, itu bisa gawat. Kita sudah ada bahan, tapi power plan nggak jadi-jadi," ungkap dia.

Dalam kondisi pembangunan pembangkit listrik saat ini PLN sebagai perusahaan penyerap dan penyalur listrik sudah siap. Di sisi lain, kontraktor pun sudah siap namun masih ada kendala yaitu perizinan dan kendala lahan.

Menurut dia, demi keberlangsungan energi listrik bangsa ini, semua pemangku kepentingan harus bersatu dan meninggalkan ego masing-masing instansi.

"Sudah selayaknya kitakan sekarang PLN pun menghadapi masalah dalam membangun pembangkit ini, satu Sumatera Utara, dua Jawa Tengah yang sampai saat ini permasalahan lahan. Kita butuh cukup banyak. Apapun juga harus demi kepentingan bangsa ini," tutup dia. (Pew/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.