Sukses

10 Negara Terbaik bagi Pensiunan (2)

Para pekerja yang didominasi kaum muda sejak awal gencar mencari cara mengamankan posisi mereka kala sudah tak memiliki kemampuan lagi.

Kondisi perekonomian global sekarang ini membuat banyak masyarakat berpikir, bagaimana nasib mereka kedepannya, seperti saat masa tua.

Tak mau berada dalam ketidakpastian, para pekerja yang didominasi kaum muda sejak awal gencar mencari cara mengamankan posisi mereka kala sudah tak memiliki kemampuan lagi.

Melansir laman Forbes, Rabu (9/10/2013), perusahaan studi keuangan asal Australia, Mercer melansir laporan bertajuk Melbourne Mercer Global Index Pension.

Dalam laporan ini menyebutkan negara-negara yang memberikan perhatian lebih terhadap pensiunan mereka.

Berikut daftar 10 negara berikutnya yang menjadi pilihan terbaik bagi para pensiunan, yakni:

6. Kanada


Grade: B
Fasilitas bagi pensiunan: fasilitas dana pensiun flat, pemberian fasilitas pensiun dikaitkan dengan laba, majikan memberikan fasilitas pensiun berbasis sukarela, dan rencana tabungan pensiun sukarela individu .

7.  Singapura

Grade: B
Fasilitas bagi pensiunan: dana pemerintah mencakup semua penduduk dan manfaat dapat ditarik untuk perumahan dan biaya pengobatan sebelum pensiun. Para pensiunan harus membeli jaminan pendapatan seumur hidup.

8. Chili

Grade: B
Fasilitas bagi pensiunan: sarana berupa bantuan sosial, iuran pasti wajib berencana didasarkan pada kontribusi karyawan, adanya rencana tambahan dari kontribusi karyawan .

9. Inggris

Grade: B
Fasilitas bagi pensiunan: tingkat dana dasar pensiun flat, pensiun laba dan pensiun swasta bersifat sukarela (majikan berdasarkan pribadi).

Secara bertahap, pengusaha mendaftarkan karyawan dalam program pensiun dengan kontribusi minimum meningkat menjadi 8% pada tahun 2018.

10. Jerman

Grade: C
Fasilitas bagi pensiunan: Memakai sistem Laba - pensiun berdasarkan " poin " yang diterima saat bekerja, adanya jaring pengaman yang sedang diuji untuk pensiunan berpenghasilan rendah. Rencana pensiun tambahan pada pengusaha besar. (Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.