Sukses

Hari Ini Inalum `Sah` Jatuh ke Pangkuan RI

Pemerintah hari ini dikabarkan siap menyelesaikan tahapan pengambilalihan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) pada Jumat (25/10/2013) ini

Pemerintah hari ini dikabarkan siap menyelesaikan tahapan pengambilalihan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) pada Jumat (25/10/2013) ini. Sehingga Indonesia bisa mendapatkan PT Inalum pada 1 November 2013.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, aspek hukum pengambialihan Inalum diharapkan bisa selesai pada hari ini.

"Hari ini lawyer sedang melakukan finalisasi dari segi legal aspeknya, administratif dan DPR juga sudah menyetujui, jadi tinggal jalan saja," ujar Hatta di Jakarta, Jumat (25/10/2013).

Menurut Hatta, jika semua penyelesaian legal aspek dan penandatangan selesai pada hari ini maka segera dilakukan pencairan dana untuk menguasai produsen alumunium tersebut.

Hatta menjelaskan, awalnya nilai buku yang digunakan untuk pembelian Inalum mencapai US$ 626 juta, tapi kemudian dikoreksi kembali sehingga mendapatkan angka US$ 558 juta.

"Mereka koreksi kembali, kalau mereka menyadari bahwa bukan di angka sebesar US$ 626 juta, tapi memang batas maksimum sebesar US$ 558 juta," tegas dia.

Selain itu, ia mengungkapkan, setelah ada penandatanganan hari ini, maka pemegang saham Inalum otomatis dialihkan langsung ke Indonesia. (Dis/ Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini