Sukses

Dicerai Rupert Murdoch, Eks Jurnalis Bawa Pulang Rp 19,3 Triliun

Anna Maris Torv berpikir pernikahannya dengan Murdoch adalah anugerah terindah dalam hidupnya.

Menjalin hubungan rumah tangga selama puluhan tahun ternyata tak menjamin langgengnya ikatan suatu pernikahan. Begitulah pengalaman salah satu bos besar industri media di Amerika Serikat (AS) Rupert Murdoch. Dia rela melepas istri keduanya yang telah menemani suka duka perjalanan hidupnya selama 32 tahun.

Miliarder dengan total kekayaan mencapai US$ 13,4 miliar atau setara Rp 152,6 triliun ini mengajukan gugatan cerai atas istrinya pada 1999. Berakhirnya hubungan romantis antar Anna dan Murdoch mengejutkan banyak pihak waktu itu. Bagaimana tidak, Mudoch selalu melakukan permintaan sang istri yang dulu berprofesi sebagai jurnalis itu.

Perceraian keduanya memang mengguncang media internasional, apalagi saat diumumkan Anna sukses meraup harta gono-gini hingga US$ 1,7 miliar atau setara Rp 19,3 triliun saat itu. Padahal Murdoch bukan tipe pria yang rela menghabiskan banyak uang hanya untuk sebuah hubungan percintaan.

Lalu apakah yang membuat Murdoch rela menceraikan Anna dan membekali mantan istrinya itu dengan harta gono-gini bernilai triliunan rupiah? Berikut kisah perceraian paling mahal antara Anna dan Murdoch seperti dikutip dari New Yorker, The Guardian, dan Forbes, Rabu (6/11/2013)


Anna Murdoch, jurnalis cantik asal Skotlandia

Anna Maris Torv (Murdoch) lahir pada 30 Juni 1944 di Bridge of Allan, Skotlandia dan memiliki tiga saudara kandung.  Sang ayah yang berprofesi sebagai teknisi sementara ibunya bekerja sebagai buruh pencuci baju. Mencoba peruntungan karir lain, ayah Anna mengajak keluarga kecilnya pindah ke Australia saat Anna masih berusia sembilan tahun.

Setelah tumbuh dewasa, Anna memilih berkarir sebagai seorang jurnalis di Sydney. Di sana dia bekerja sebagai penulis berita untuk Daily Mirror. Lepas dari media yang berbasis di Sydney tersebut, Anna melanjutkan karirnya dan bekerja di media lain, The Australian.

Anna memang memiliki kecintaan menulis yang besar. Tak hanya menulis berita, Anna pun tercatat rajin menulis novel dan sangat mencintai dunia pendidikan. Terbukti Anna berhasil menyabet gelar master untuk ilmu sastra dan mitologi dari New York University meski saat itu dia sudah berstatus sebagai ibu rumah tangga.



Menikah dengan bos media, Rupert Murdorch

Berkiprah di dunia jurnalisme membuat Anna banyak bersentuhan dengan sejumlah orang penting. Karirnya di sejumlah media besar di Australia memudahkannya untuk meningkatkan karir di sana.

Waktu berusia 18 tahun, Anna bekerja untuk surat kabar Sydney milik Murdoch, The Daily Telegraph. Saat itulah gadis muda tersebut memperoleh kesempatan unutk mewawancarai Rupert Murdoch yang populer sebagai bos industri media internasional.

Wawancara tersebut membuat keduanya langsung merasakan getaran cinta satu sama lain. Padahal saat itu Murdoch masih terikat pernikahan dengan istri pertamanya.

Tak heran, belum lama bercerai dengan istri pertamanya tersebut, Murdoch langsung menggandeng Anna ke pelaminan. Keduanya resmi menikah pada 1967 dan sejak saat itu Anna selalu terlihat mendukung serta mendampingi suaminya tersebut.

Pernikahan 32 tahun Kandas Gara-gara selingkuh


Pasangan romantis Anna dan Murdoch dikabarkan menjalani hubungan pernikahan yang indah dan penuh warna selama puluhan tahun. Dari pernikahannya, pasangan tersebut telah dikaruniai tiga anak yaitu Elisabeth, Lachlan, dan James Murdoch.

Anna selalu mengajarkan Murdoch untuk menjalani pola makan sehat dan hanya memperbolehkan sang suami untuk minum satu gelas anggur setiap hari. Begitulah cara Anna mengungkapkan rasa cintanya pada Murdoch.

Anna berpikir pernikahannya dengan Murdoch adalah anugerah terindah dalam hidupnya. Faktanya, Anna pun harus menelan kenyataan pahit yang bertolak belakang dengan perasaannya selama ini.

Pada 1998, Murdoch melayangkan gugatan cerai pada Anna yang telah dinikahinya selama 31 tahun. Kabar mengejutkan tersebut kabarnya dipicu permintaan Anna agar suaminya mulai rehat dari bisnis raksasanya dan pensiun dari profesi dia sekarang.

Bukannya mengikuti saran Anna, Murdoch malah menceraikan ibu dari tiga anaknya tersebut. Bagi Murdoch, keluar dari pekerjaannya sekarang sama dengan bunuh diri. Namun rumor yang beredar mengatakan, Murdoch menceraikan Anna karena jatuh cinta pada wanita lain yang kemudian menjadi istri ketiganya.




Kantongi harta gono-gini terbesar di dunia

Kabar mengejutkan perceraian Anna dan Rupert Murdoch terasa lebih mengguncang publik saat diumumkan harta gono-goni perceraian keduanya mencapai US$ 1,7 miliar atau setara Rp 19,3 triliun. Sebanyak US$ 110 juta (Rp 1,2 miliar) digelontorkan Murdoch dalam bentuk tunai sementara US$ 1,6 miliar sisanya dalam bentuk saham News Corp.

Dengan angka tersebut, harta gono-gini yang diterima Anna merupakan jumlah yang paling tinggi di dunia. Meski begitu, banyak orang yang tak paham mengapa Murdoch tetap memberikan saham perusahaannya pada Anna sementara bos media tersebut yang mengajukan surat gugatan cerai. Menurut Murdoch, Anna merupakan wanita hebat yang bisa membantu News Corp miliknya terus berkembang.

Dua tahun usai resmi bercerai dengan Murdoch, Anna berani mengungkapkan alasan pisahnya tersebut secara implisit. Anna sudah sejak lama curiga bahwa suaminya memiliki wanita lain yang telah merusak hubungan percintaannya dengan Murdoch.

Terlebih lagi, Murdoch dikenal sebagai pria dingin yang tak suka membahas perasaan pribadinya yang membuat pernikahan dengannya terasa semakin rumit.


17 hari cerai, mantan suami menikah lagi

Teka-teki rumor perselingkuhan Murdoch yang membuat Anna menerima gugatan cerainya terjawab tak lama setelah keduanya resmi berpisah pada 1999. Hanya selang 17 hari setelah keduanya menandatangani surat perceraian, Murdoch langsung menikahi mantan anak buahnya Wendi Deng.

Tanpa menunggu lama, Murdoch memulai lembaran baru dengan janda cantik yang berusia lebih muda 38 tahun darinya itu.  Pernikahan keduanya dilakukan di atas kapal pesiar.

Namun Anna pun tak butuh waktu lama untuk menemukan pria lain. Enam bulan setelah bercerai dengan miliarder tersebut, Anna dikabarkan menikah dengan William Man yang berprofesi sebagai manajer keuangan. Saat ini Anna masih langgeng dengan suami keduanya sementara Murdoch telah bercerai dengan Wendy. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.