Sukses

Indonesia Sanggup Buat Ponsel Sendiri

Indonesia saat ini sudah memiliki pabrik LCD, baterai, keypad, casing, dan kamera. Namun satu komponen utama belum dimiliki, apa itu?

Industri telepon seluler (Ponsel) di Tanah Air sudah semakin maju. Buktinya, pelaku industri bidang telekomunikasi ini sudah mengklaim mampu membuat seluruh komponen canggih dari Ponsel.

Meski sudah semakin berkembang, Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Budi Darmadi mengakui terdapat satu komponen sampai kini belum dapat dirancang Tanah Air yaitu integrated cicuit (IC).

"Komponen IC yang ada di Ponsel, belum bisa dibuat disini, namun industri Ponsel disini dari tahun ke tahun sudah meningkat," ujar Budi ketika ditemui dalam acara IHI Forum 2013 di Hotel Shangrilla, Jakarta, Rabu (20/11/2013).

Indonesia saat ini diakui belum memiliki rantai industri Ponsel yang lengkap. Akibatnya, Indonesia masih sangat bergantung kepada Ponsel impor.

Tercatat sudah ada dua pabrik pembuat LCD Ponsel yang beroperasi di daerah Cikarang dan Tangerang. Selain itu, Indonesia juga memiliki pabrik baterai yang berada di Cikarang dan Batam.

"Kita sudah mampu. Ada pabrik LCD Ponsel, ada pabrik baterai, apa keypad, casing kita bisa buat juga, untuk charger Ponsel juga kita bisa buat, dan yang lebih baik lagi kita sudah bisa membuat kamera. Itu yang kita miliki sekarang," tegasnya.

Selain itu, lanjutnya, Indonesia juga sudah memiliki 16 industri lokal yang membuat komponen Ponsel. "Kita masih mengimpor komponen IC, namun lainnya kita bisa buat di dalam negeri ini," tutupnya. (Dis/Shd)