Sukses

Jepang dan AS Pernah Sengaja Bikin Mata Uangnya Loyo

Di saat Indonesia telah berupaya untuk memperkuat nilai tukar rupiah, Jepang dan AS justru pernah sengaja melemahkan mata uangnya. Kenapa?

Di saat Indonesia telah berupaya untuk memperkuat nilai tukar rupiah, Jepang dan Amerika Serikat (AS) justru pernah sengaja melemahkan mata uangnya.  

Jepang melemahkan mata uangnya sendiri yaitu Yen saat mengalami penguatan yang sangat tajam. Sementara Ameria Serikat untuk meningkatkan ekspornya.

"Karena mata uang Yen mengalami penguatan yang sangat kuat. Sehingga pemerintah Jepang mencoba dengan keras ingin membuat Yen
lemah," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Difi Johansyah di  Bandung, Jawa Barat, Sabtu (7/12/2013).

Cara yang diambil Jepang untuk melemahkan mata uang Yen yaitu dengan memasok lebih banyak uang ke pasar sehingga meningkatkan inflasi Jepang. Ketika inflasi sudah terjadi, maka mata uang Yen mengalami pelemahan.

Kenaikan angka inflasi dibutuhkan Jepang karena pelaku UMKM menginginkan profit atau keuntungan. Dari meningkatnya inflasi, maka pelaku usaha bisa menaikkan harga. Setelah intervensi dilakukan, efeknya langsung terasa. Mata uang Yen tidak mengalami pelemahan yang sangat signifikan.

Sementara AS melemahkan dolar agar bisa mendongkrak ekspornya. Namun, langkah yang diambil AS sempat membuat Rusia marah besar (Dis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.