Sukses

PGN Bangun SPBG Pertama di Jabodetabek

PT Perusahaan Gas Negara Tbk telah memiliki Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) pertama di Jabodetabek.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) akhirnya memiliki Stasiun Pengisian Bahan bakar Gas (SPBG) pertama di  Jabodetabek. SPBG pertama tersebut dibangun PGN di daerah Ponduk Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

“SPBG ini merupakan bentuk nyata PGN untuk perluasan pemanfaatan gas bumi dan mendukung program pemerintah dalam konversi BBM ke BBG untuk transportasi," kata Direktur Utama PT PGN Hendi Prio Santoso di Jakarta, Selasa (24/12/2013).

Demi memaksimalkan fasilitas SPBG tersebut Hendi mengungkapkan juga perlu ada dukungan dari pemerintah untuk mendorong masyarakat beralih dari sebelumnya menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi pengguna BBG.

"Tentunya, kami tidak bisa jalan sendiri, dibutuhkan dukungan pemerintah dan kerjasama seluruh stakeholder untuk mendorong masyarakat melakukan penghematan bahan bakar dengan menggunakan gas, yang lebih ekonomis, aman, ramah lingkungan,” tegasnya.

SPBG yang dibangun di Pondok Ungu Bekasi dilengkapi dengan 2 dispenser yang masing-masing memiliki kapasitas penyaluran gas 1.000 meter kubik gas per hari. Satu dispenser melayani kendaraan besar seperti bus  dan satu dispenser melayani kendaraan kecil seperti taksi, angkot dan kendaraan pribadi.

Menurut Hendi, sebagai kawasan penyangga, pembangunan SPBG di wilayah Bekasi ini merupakan pengembangan infrastruktur PGN untuk mendukung Jakarta sebagai kota gas.

“Melalui sinergi dengan lembaga pemerintah dan swasta ini, kami berharap pemanfaatan gas bumi akan mampu menciptakan efisiensi dan memperkuat perekonomian nasional sehingga pada akhirnya akan menciptakan kemandirian dan ketahanan energi,” jelas Hendi.

Pembangunan SPBG di Bekasi tersebut juga merespon tingginya lalu lintas kendaraan yang hilir mudik ke Jakarta setiap harinya sebesar 60% dari total populasi warga Bekasi. Sejalan dengan ini, penggunaan gas pada kendaraan di wilayah Bekasi diperkirakan akan terus tumbuh.

Demi terus meningkatkan dan memfasilitasi para pengguna BBG ke depan PGN akan membangun 16 SPBG dengan total investasi mencapai Rp 260 miliar. Rinciannya, 12 SPBG  di wilayah Jawa Barat, 3 SPBG di Jawa Timur dan 1 SPBG di Riau. Rencananya SPBG tersebut akan beroperasi mulai tahun 2014.

Mengingat hal ini adalah awal dari kemajuan Indonesia, Peresmian SPBG ini rencananya akan dilakukan langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik hari ini. (Yas/Ahm)

Baca Juga:

Pemprov DKI Akan Bangun SPBG di Kawasan Waduk Pluit

Pakai Gas di Muara Tawar, PLN Hemat Rp 363 Miliar

Meski Ada Pemeliharaan Sumur, PGN Klaim Gas di Batam Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini