Sukses

Pemerintah Jamin Tak Ada Kecurangan dalam Seleksi CPNS 2013

Kemenpan RB menegaskan tak ada kecurangan dalam penyelenggaran seleksi maupun pengumuman.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menegaskan tak ada kecurangan dalam penyelenggaran seleksi maupun pengumuman Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Pasalnya seluruh data diolah dalam satu Tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Penegasan ini menanggapi pertanyaan masyarakat yang notabene-nya merupakan peserta CPNS 2013 terkait sulitnya mengakses kode atau nomor peserta untuk melihat keterangan hasil lolos passing grade atau tidak.

Mereka pun mempertanyakan hasil pengumuman yang kurang transparan mengingat tak adanya sistem rangking layaknya pengumuman hasil SPMB.

Menurut Deputi Sumber Daya Manusia Kemenpan RB, Setiawan Wangsa Atmaja, pihaknya telah menyampaikan seluruh hasil pengumuman seleksi CPNS dari Panselnas kepada masing-masing Kementerian/Lembaga (K/L).

"(Data) jutaan, jadi tidak bisa pakai sistem rangking. Yang jelas semua sudah disampaikan ke instansi yang bersangkutan dengan file sama yang ada di Panselnas. Jadi tidak ada kecurangan," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (26/12/2013).

Terkait tidak ditemukannya kode kelulusan atau nomor peserta, Setiawan memastikan, agar peserta dapat masuk dan mengakses situs-situs resmi http//:cpns.menpan.go.id serta laman dari media partner CPNS 2013, seperti cpns.liputan6.com dan cpns2013.jpnn.com.

"Bagi yang sudah memegang kode MP TKD (lolos seleksi dan passing grade) cek rangking sesuai jumlah formasi di instansi penyelenggara," jelasnya.

Dia mengatakan, Kemenpan RB menyerahkan tahap selanjutnya dari PNS-PNS terpilih itu kepada masing-masing K/L, misalnya untuk persiapan jelang PNS masuk, kepastian memulai pekerjaan dan sebagainya.

"Itu urusan instansi masing-masing. Kami hanya membantu mengolah TKD supaya adil, jujur, transparan untuk mendapatkan PNS yang berkualitas. Proses ini dibantu Panselnas, terutama pengolahan TKD," tandas Setiawan.

Sebelumnya, pengumuman hasil CPNS yang serentak dilakukan pada 24 Desember 2013 mengundang banyak pertanyaan dari peserta kenapa saat nilainya memenuhi passing grade tapi tidak lolos seleksi CPNS?

Ketika memasukkan nomor peserta di cpns.liputan6.com maka akan terlihat keterangan hasil sebagai berikut: MP atau Memenuhi Passing Grade serta TMP atau Tidak Memenuhi Passing Grade.

Jika hasil tes Anda masuk kategori MP itu artinya nilai tes saudara sudah memenuhi persyaratan. Meski begitu, lolos tidaknya peserta masih ditentukan instansi yang bersangkutan.

Penentu kelulusan tetap di tangan pejabat berwenang di instansi masing-masing berdasarkan kebutuhan instansi terkait. Jadi kelulusan tidak semata-mata melihat nilai passing grade tapi juga melihat kebutuhan atau kuota pegawai dari instansi yang bersangkutan.

Jika yang lolos atau masuk kategori MP di intansi terkait sangat banyak, maka pejabat berwenang di instansi tersebut akan melakukan pemeringkatan.

Contohnya ada 30 pelamar yang memenuhi nilai MP, tapi karena instansi yang bersangkutan hanya butuh 10 pegawai baru maka dalam pemeringkatannya akan diambil 10 yang terbaik dari yang masuk kategori MP.(Fik/Nrm)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca Juga:

Cek Pengumuman CPNS 2013 di Liputan6.com

Hasil Tes CPNS Diumumkan Serentak Hari Ini

Pengumuman CPNS Hari Ini untuk Sistem Lembar Jawaban Komputer

1,5 Juta WNI Berebut Kursi PNS, Berapa yang Terpilih?

Masih Ada Joki di Tes CPNS 2013

Pertanyaan-pertanyaan Terhadap Hasil Pengumuman CPNS 2013

Kenapa Lulus Passing Grade Belum Tentu Lolos Seleksi CPNS?
Video Terkini