Sukses

Dahlan Minta PT Timah Bangun Pabrik Hilirisasi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan berencana mengunjungi kantor pusat PT Timah yang berada di Bangka Belitung, Sumatera.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan berencana mengunjungi kantor pusat PT Timah yang berada di Bangka Belitung, Sumatera.

Dalam kunjungannya Dahlan kabarnya akan meminta PT Timah membangun satu pabrik hilirisasi untuk memanfaatkan sisa pengolahan berupa tanah-jarang (rare earth).

"Jumat pagi saya akan berada di Bangka untuk minta kepada PT Timah mulai membangun pilot projek pengolahan tanah-jarang yang sangat strategis bagi bangsa Indonesia," ujar dia, Selasa (18/2/2014).

Dahlan menambahkan selama puluhan tahun belakangan PT Timah selalu hanya mengambil timah dan membiarkan sisa hasil olahan tersebut untuk dibeli pihak lain dan kemudian diekspor.

Padahal, menurut dia, sisa hasil pengolahan tersebut dapat dimanfaatkan lebik baik dan memberikan nilai jual yang lebih tinggi sehingga akan menambah daya saing dan pendapatan  perusahaan.

"Rare earth itu sekarang menjadi barang yang penting di dunia, misalnya untuk bahan pembuatan layar TV, laptop, handphone, dan lain-lain," tegas dia.

Perintah pembangunan pabrik ini, diungkapkan Dahlan karena PT Timah dinilai mampu dan memiliki catatan kinerja yang cukup bagus pada 2013.

Dalam pembuatan pilot project ini orang nomor satu di Kementerian BUMN ini hanya memberikan waktu kurang dari satu tahun. (Yas/Nrm)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.