Sukses

Arsenal Melangkah Manis

Langkah Arsenal untuk mengulang sukses mereka melaju ke babak final Piala Champions musim lalu, berjalan dengan mulus. Mereka menaklukkan tuan rumah Dinamo Zagreb 3-0, dan membawa pulang harapan besar. Fabregas menjadi bintang mereka.

Meski tanpa sang kapten Thierry Henry, Freddie Ljungberg, dan Ashley Cole, Arsenal berhasil mendekatkan diri ke babak penyisihan group Liga Champions setelah mereka mengalahkan klub Kroasia, Dinamo Zagreb dengan skor mencolok, 3-0. Bintang Arsenal malam itu, tak lain dari pemain Spanyol Cesc Fabregas yang mencetak dua gol ke gawang Zagreb, sedangkan satu gol lainnya dicetak oleh Robin van Persie.

Tak sia-sia Arsenal mati-matian melawan ‘kekuatan’ Real Madrid yang berniat untuk mencaplok Fabregas dari London. Pemain muda itu menunjukkan kelasnya sebagai bintang masa depan The Gunners. Sedangkan pemain Spanyol lainnya, Jose Antonio Reyes tidak diturunkan sama sekali oleh pelatih Arsene Wenger, begitupun dengan Ashley Cole.

Dua nama itu tak diturunkan Wenger sebagai salah satu cara untuk membuat harga pemain itu tetap tinggi, mengingat keduanya diincar oleh klub lain, Cole oleh Chelsea, sedang Reyes oleh Madrid. Jika keduanya diturunkan, maka peluang kedua tim itu makin tipis karena si pemain takkan bisa diturunkan di Liga Champions lagi selain di Arsenal. Ini jelas merupakan tanda-tanda bahwa Wenger akan ‘rela’ melepas keduanya.

Pertandingan itu berjalan tak imbang. Meski bermain sebagai tamu, Arsenal justru tampil lebih menyerang. Namun demikian, babak pertama dilalui tanpa satu gol pun bersarang di gawang Almunia (Arsenal) ataupun Ivan Turina (Zagreb). Barulah setelah memasuki babak kedua, Arsenal mulai menunjukkan kelasnya sebagai tim yang musim lalu pantas sampai di babak final. Pada menit ke-63 Sebuah umpan Alexander Hleb, dioleh oleh Van Persie, dan diselesaikan dengan baik oleh Fabregas.

Hanya berselang satu menit, Van Persie menggandakan keunggulan dengan –lagi-lagi—memanfaatkan umpan jauh Hleb, dan melakukan tendangan keras yang tak bisa ditahan lagi oleh kiper Zagreb, Ivan Turina. Dan Fabregas menutup ‘pesta’ Arsenal malam itu dengan aksi individu yang menawan, dan tendangan kerasnya lagi-lagi mengecoh Turina.

Hasil itu jelas sangat menggembirakan bagi kubu The Gunners, karena pada leg kedua, mereka bakal bermain di kandang mereka sendiri, Emirates Stadium yang akan digunakan untuk pertama kalinya dalam ajang itu.

Sementara itu, dalam pertandingan lain, tuan rumah Austria Vienna hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan klub tangguh Portugal, Benefica. Vienna hampir saja senasib dengan Zagreb, setelah mereka lebih dulu tertinggal oleh gol Nuno Gomes. Untungnya mereka bisa menyamakan kedudukan lewat gol Jocelyn Blanchard, sehingga tetap membuka peluang mereka melaju ke babak 16 besar. (Yog)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini