Sukses

Uruguay Kampiun Piala Dunia Perdana

Di final, tuan rumah Uruguay mengalahkan Argentina dengan skor 4-2.

Liputan6.com, Jakarta - Ini merupakan kali pertama Piala Dunia digelar. Piala Dunia 1930 diadakan di Uruguay pada 13-30 Juli dan diikuti 13 tim nasional yang terdiri dari 7 negara Amerika Selatan, 4 negara Eropa, dan 2 negara Amerika Utara.

FIFA memilih Uruguay adalah karena pada tahun itu Uruguay merayakan 100 tahun usia konstitusi pertama mereka dan karena tim nasional Uruguay berhasil mempertahankan gelar juara di Olimpiade 1928.

Di final, tuan rumah Uruguay mengalahkan Argentina dengan skor 4-2 di hadapan 93.000 penonton dan menjadi negara pertama yang memenangi trofi Piala Dunia.

Gol-gol Uruguay dicetak Pablo Dorado, Pedro Cea, Santos dan Castro. Adapun gol Tim Tango dilesakkan Carlos Peucelle dan Guillermo Stabile.

Di Piala Dunia 1930, Guillermo Stabile menjadi mesin gol Argentina dengan melesakkan delapan gol. Sepanjang kariernya, Guillermo pernah bermain untuk beberapa klub seperti: Huracán, Genoa, Napoli, Genoa, dan terakhir Red Star Paris pada tahun 1939.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini