Sukses

Piala Dunia 1954: Hungaria Produktif, Jerman Barat Juara Dunia

Kalah pada fase grup, Jerman Barat membalas kekalahan dari Hungaria di final dan meraih Trofi Jules Rimet.

Liputan6.com, Jakarta - Swiss terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 1954 ke-5. Swiss bahkan terpilih sebelum Piala Dunia 1950 digelar di Brasil. Kembalinya Piala Dunia ke benua Eropa adalah untuk memperingati ulang tahun FIFA ke-50 sebagai hasil Kongres FIFA di Rio de Janiero, 22 Juli 1950.

Enam kota terpilih sebagai tempat penyelenggara, yakni Basel (Stadion Santo Yakobus), Bern (Stadion Wankdorf), Jenewa (Stadion Charmiles), Lausanne (Stadion La Pontaise), Lugano (Stadion Comunale di Cornaredo), dan Zurich (Stadion Hardturm).

Pada edisi kali ini, FIFA kembali menggunakan format dengan sistem kualifikasi, dengan catatan tuan rumah dan juara bertahan lolos secara otomatis. Semula, 37 tim diikutsertakan dalam babak kualifikasi. Namun tiga tim mengundurkan diri, yaitu Peru, Cina, dan Polandia. Setelah melalui proses kualifikasi, dipastikan 14 tim tampil di putaran final beserta tuan rumah Swiss dan juara bertahan Uruguay.

Sebanyak 16 tim dibagi menjadi empat grup. Di Grup 1 berisikan Brasil, Yugoslavia, Prancis, dan Meksiko. Sementara di Grup 2 ada Hongaria, Jerman Barat, Turki, dan Korea Selatan. Grup 3 dihuni Uruguay, Austria, Cekoslowakia, dan Skotlandia. Sedangkan Inggris, Swiss, Italia, dan Belgia menghuni Grup 4.

Hungaria menjadi negara yang paling produktif mencetak gol di fase grup, dengan 17 gol dan hanya kemasukan. Usai mengalahkan Korsel 9-0, Ferenc Puskas dan kawan-kawan menghajar Jerman Barat 8-3.

Namun, Jerman Barat tetap lolos ke perempatfinal karena menjadi runner-up Grup 2. Enam negara lainnya yang lolos ke babak knock-out adalah Brasil, Yugoslavia, Uruguay, Austria, Inggris, dan Swiss.

Hungaria kembali menunjukkan kehebatannya dengan menyingkirkan Brasil 4-2 dan bertemu Uruguay di semifinal yang mengalahkan Inggris dengan skor serupa. Semifinal lainnya mempertemukan Jerman Barat dengan Austria. Jerman Barat menang 2-0 atas Yugoslavia, dan Austria mengalahkan tuan rumah Swiss 7-5.

Tiket final akhirnya direbut Hungaria yang mengalahkan juara bertahan Uruguay 4-2. Sedangkan Jerman mencukur Austria dengan skor 6-1. Pertemuan Jerman Barat dan Hungaria merupakan laga ulangan di fase grup. Bertanding di Stadion Wankdorf, 4 Juni, Hungaria unggul cepat 2-0 lewat Puskas di menit ke-6 dan Csibor ke-8.

Namun, Jerman Barat mampu membalas dengan cepat pula lewat Maximilian Morlock menit ke-10 dan Helmut Rahn tujuh menit kemudian. Dan akhirnya gol Rahn di menit 84 membawa Jerman merebut Piala Jules Rimet. Sementara Austria menjadi juara ketiga usai mengalahkan Uruguay 3-1.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini