Sukses

Zheng Beri Kesan pada Reed

Kamis (23/11) adalah hari yang berarti bagi seorang pemain Cina, Zheng Zhi. Hari itu ia mampu memberi kesan yang mendalam bagi manajer baru Charlton, Les Reed setelah ikut berlatih bersama The Addicks walau hanya dalam satu hari.

Pemain Timnas Cina, Zheng Zhi berhasil memberi kesan mendalam saat diundang berlatih bersama klub Liga Primer inggris, Charlton Athletic. Biarpun hanya berlatih bersama selama sehari ia mampu mencuri hati manajer The Addicks yang baru, Les Reed.

Reed berjanji akan terus memantau perkembangan Zheng saat dirinya memperkuat Timnas Cina di Asian Games 2006 ini di Qatar. Dari situs resmi Charlton, Reed mengatakan: “Zheng bergabung bersama kami dalam latihan resmi hari ini (23/11) dan saya terkesan melihatnya. Dia terlihat begitu antusias, memiliki kualitas teknis yang mumpuni dan fisik yang luar biasa. Catatannya di Cina juga sangat baik dan kami akan terus memantaunya di Asian Games, Qatar. Kami akan terus melihat perkembangannya.”

Pada Piala Dunia 2006 lalu Zheng yang bermain di klub lokal Shandong Luneng, gagal membawa Cina menuju putaran final di Jerman. Namun catatannya musim ini ditorehkan dengan kesuksesan membawa Shandong menjuarai Liga Cina. Di timnas ia juga mendapat kehormatan menjabat ban kapten dan mampu bermain sebagai defender maupun midfielder dengan sama baiknya.

Ini merupakan langkah baik bagi persepakbolaan Cina jika ia berhasil mengikuti jejak seniornya Li Tie yang telah lebih dulu merumput di Liga Primer Inggris bersama Everton pada tahun 2002 (sekarang di Sheffield United). Langkah Reed selanjutnya kemungkinan besar adalah dengan mencoba pemain ini lebih lama lagi atau dengan kata lain lebih serius.

“Biarpun kunjungannya hanya sebentar tapi kami akan menindaklanjuti langkah selanjutnya. Cina ibarat misteri dibawah bayang-bayang Jepang dan Korea Selatan yang mampu tembus pada PD 2006 lalu. Dengan jumlah populasi yang besar saya yakin Cina memiliki potensi melahirkan pemain berkualitas dan kami pikir Zheng adalah salah satunya,” tambah Reed yang sebelumnya menjadi asisten Iain Dowie.

Kita tunggu saja apakah Zheng Zhi jadi berlaga di Liga Primer Inggris. Paling tidak keputusan ini harus menunggu sampai bulan Januari mendatang. Semoga saja penampilannya di Asian Games nanti mampu menunjukkan permainan memukau secara konsisten sehingga janji Charlton untuk menindaklanjuti rasa terkesannya dapat berujung penandatanganan kontrak.