Sukses

PSS Rampung Pilih 8 Anak Papua

8 anak ini terpilih dari 350 anak Papua yang ikut seleksi

Liputan6.com, Jayapura: Seleksi Pertamina Soccer Stars (PSS) 2014 di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua akhirnya telah selesai dilakukan. Ya, delapan anak yang mewakili Bumi Cenderawasih ini telah didapat selama seleksi dua hari Jumat (6/5) dan Sabtu (7/6) di Stadion Barnabas Youwe.

Mereka yang terpilih akan  berjuang demi belajar di Academy AC Milan pada Juni 2014, dengan berbagai perwakilan di lima kota besar lainnya.

K Kabong Hilapok, Todd A Ferre, Jecky Marabia, David K Rumaki, Benny Kogoya, Hermanus S, Jhon L Puhili, dan Bertho B Tebai adalah delapan nama yang lolos seleksi. Kedelapan pemain itu, lolos setelah melewati banyak tahapan. Dan bersaing ketat dengan 350 peserta yang ikut mendaftar.

"Saya senang sekali lolos mewakili Papua bersama 7 peserta lainnya. Ini pertama kalinya saya ikut seleksi PSS. Di Jakarta nanti saya akan lebih kerja keras lagi demi kesempatan belajar ke AC Milan Academy," ungkap Bertho B Tebai salah satu peserta yang lolos dari SSB Emsyik, Jayapura seperti rilis yang diterima wartawan, Minggu (8/6/2014).

Proses seleksi ini memang panjang dan ketat. Dari 350 total peserta, dirampingkan menjadi 250. Lalu diciutkan 48 pemain dan dipangkas menjadi delapan anak.

"Delapan anak yang terpilih karena mereka lebih unggul secara Fisik, Keterampilan, Small game 11 lawan 11.Semoga saja anak-anak ini bisa terus berkembang kedepan. Dan bisa jadi pesepakbola yang handal kedepan," ungkap tim pelatih penyeleksi, Hadi Rahmaddani yang juga Direktur PSS.

Nantinya delapan anak wakil dari Papua akan digabungkan dengan delapan anak lain dari lima kota seperti Jakarta, Makassar, Palembang, Surabaya, dan Balikpapan. Dari seluruh anak dari enam kota tersebut, akan diambil lagi empat pemain yang akan diterbangkan ke Milan. Empat anak yang beruntung, direncanakan akan mejalani coaching clinic selama hampir satu minggu lamanya.

Muhammad Irfan selaku GM Marketing Operation Region VIII Maluku-Papua mengaku Pertamina akan terus konsen melakukan pembinaan dan berkarya demi sepak bola Indonesia. Kata Irfan, pihaknya sama sekali tidak mengedepankan brand untuk menunjang seleksi PSS ini. "Brand akan mengikuti dengan sendirinya. Yang Pertamina harapkan adalah, bagaimana bisa menghasilkan pemain-pemain yang bagus," ujarnya.

Seperti diketahui beberapa pemain PSS yang berhasil masuk seleksi Timnas U-14 dan ada yang lolos di Gamba Osaka, Jepang. Namun, pihaknya masih akan tetap berusaha terus menerus melakukan gebrakan pembinaan sebagai bentuk kepedulian Pertamina terhadap sepak bola.

"Kami saat ini masih berkarya bersama-sama memajukan sepak bola namun di luar PSSI. Tapi kami juga selalu berkoordinasi dengan PSSI soal kegiatan ini. Semoga semua produk pemain sepak bola Indonesia selalu muncul menjadi pemain terbaik untuk sepak bola Indonesia dan PSSI di kemudian hari,"harapnya.

Sementara itu Thamrin Sagala, Wakil Ketua Asprov Papua mengaku terkesan dengan acara ini. "Terimakasih buat Pertamina yang telah mengadakan seleksi di Papua. Kepada anak-anak peserta PSS saya berpesan agar terus memberikan yang terbaik dan suatu saat diantara yang berada disini akan menjadi bintang sepakbola Indonesia," jelas Thamrin saat menutup seleksi PSS ini.


8 Peserta Perwakilan Papua

1. K Kabong Hilapok
2. Todd A Ferre
3. Jecky Marabia
4. David K Rumaki
5. Benny Kogoya
6. Hermanus S
7. Jhon L Puhili
8. Bertho B Tebai

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini