Sukses

Full Time, Brasil Melaju Ke Fase Knockout Usai Tindas Kamerun

Di pertandingan grup A lainnya, Meksiko berhasil menggulung Kroasia 3-1.

Liputan6.com, Brasilia: Brasil sukses melenggang ke babak 16 besar Piala Dunia 2014 dengan menjadi juara Grup A setelah mengalahkan Kamerun 4-1 di Estadio Nacional, Brasilia, Selasa (24/6/2014) dinihari WIB. Tambahan tiga poin membawa Tim Samba bercokol di puncak klasemen dengan 7 poin.

Pundi gol Brasil masing-masing dicetak Neymar, Fred dan Fernandinho. Sedangkan gol tunggal Kamerun dibuat Joel Matip.

Tampil dihadapan publik sendiri, Brasil langsung tampil menekan sejak peluit kick-off babak pertama dibunyikan. Alhasil di menit ke-3, Brasil mendapat peluang saat terjadi kemelut di depan lawan.

Bek kanan Dani Alves coba menuntaskan kemelut dengan melancarkan tembakan keras, namun bola masih dapat diblok pemain belakang Kamerun.

Di menit ke-17, Neymar membuka keunggulan Brasil setelah mampu meneruskan umpan silang Luiz Gustavo dari sayap kiri. Dengan tenang, pemain Barcelona itu berhasil menyontek bola dengan kaki kanan.

Beruntung bagi Kamerun, mereka dapat menyamakan kedudukan berkat gol Matip pada menit ke-26. Gol berawal dari aselerasi Nyom yang menaklukkan Alves di sayap kiri sebelum melepas umpan ke muka gawang.

Matip yang tanpa kawalan berarti, sukses meneruskan bola ke jala Brasil yang dikawal Julio Cesar. Ini merupakan gol pertama Kamerun di Piala Dunia 2014. Pertandingan imban 1-1.

Menit ke-34, Neymar kembali membawa Brasil unggul. Pemain Barcelona tersebut mencetak gol setelah sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti gagal dibendung kiper Charles Itandje.

Di waktu yang tersisa, beberapa peluang kembali tercipta. Namun hingga jeda, skor 2-1 untuk Brasil tidak berubah. Dilihat dari statistik, Brasil mampu mengusai pertandingan dengan 61 persen penguasaan bola.

Di babak kedua, Brasil melakukan penyegaran di lini tengah dengan memasukan Fernandinho untuk menggantikan Paulinho. Taktik tersebut terbukti ampuh dengan terciptanya gol ketiga di menit ke-49 melalui kepala Fred.

Gol berawal dari umpan Marcelo yang berhasil diteruskan dengan tandukan keras Fred yang gagal dihentikan Itandje. Ini merupakan gol pertama Fred di Piala Dunia 2014.

Pada menit ke-84, Fernandinho melengkapi kemenangan Brasil menjadi 4-1. Gelandang Manchester City itu dengan tenang melepaskan tembakan ke pojok kanan gawang Kamerun.

Di pertandingan grup A lainnya, Meksiko berhasil menggulung Kroasia 3-1. Dengan demikian, Meksiko menjadi runner-up. grup dan berhak mendampingi Brasil ke fase berikutnya.

Susunan pemain:

Kamerun: Itandje, Nkoulou, Nguemo, Moukandjo (Salli 58'), Aboubakar (Webo 72'), Bedimo, Choupo-Moting (Makoun 81'), Mbia, Enoh, Matip, Nyom.

Brasil: Cesar; Alves, Silva, Luiz, Marcelo; Luis Gustavo, Paulinho (Fernandinho 45'); Hulk (Ramires 63'), Oscar, Neymar; Fred.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini