Sukses

Legenda Jerman Nasehati Neuer

Schumacher yang dijuluki, 'Penjagal dari Seville', bahunya menghantam pemain Prancis Patrick Battiston yang lalu tak sadarkan diri di tanah.

Liputan6.com, Brasillia - Adam Faisal

Legenda penjaga gawang Jerman, Harald Schumacher memberikan nasehat kiper Manuel Neuer untuk tidak sering keluar dari daerahnya (kotak pinalti). Sebab jika itu dilakukan, maka kejadian pada Piala Dunia 1982 bisa terulang lagi.

Kala itu, Jerman yang masih bernama Jerman Barat, bertemu Prancis di semifinal. Secara dramatis berakhir seri 3-3 sebelum akhirnya laga dimenangi Jerman Barat lewat adu penalti 5-4.

Pada Piala Dunia tahun ini, keduanya kembali bertemu namun kali ini di babak perempat final. Schumacher yang dijuluki, 'Penjagal dari Seville', bahunya menghantam pemain Prancis Patrick Battiston yang lalu tak sadarkan diri di tanah.



Selain membahayakan diri lawan, inisiatif keluar dari kotak penalti juga dapat membuat gawang rentan kebobolan. Oleh karena itu Schumacher mengharapkan Neuer tidak cepat mengambil keputusan keluar dari kotak penalti.

Ketika menang 2-1 atas Aljazair dalam babak tambahan pada Senin, 1 Juli 2014, Neuer melakukan penyelamatan pada beberapa kesempatan dengan bergegas dari daerahnya untuk membuang bola.

"Itu hal yang terjadi dalam sepersekian detik. Jika melihat laga melawan Aljazair, beberapa kali Neuer keluar dari daerahnya. Tapi ia selalu beruntung. Kalau saja terlambat maka bisa seperti tahun 1982," kata Schumacher seperti dilansir Reuters.

Kendati demikian Schumacher yakin Jerman bisa kembali mengalahkan Prancis. "Saya bertaruh Jerman menang 2-1. Saya yakin Jerman dapat mengalahkan Prancis," ucap Schumacher.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.