Sukses

Scholes: Taktik Van Gaal Sangat Lambat!

Sang legenda mengkritik formasi 3-5-2 yang diterapkan Louis van Gaal.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United kalah 2-1 atas Swansea City di Stadion Old Trafford, Sabtu (16/8/2014) malam WIB. Paul Scholes memberikan kritik terhadap formasi yang diterapkan manajer Louis van Gaal.

Di pertandingan tersebut, Swansea unggul terlebih dulu melalui Sung-Yong Ki pada menit ke-29. Wayne Rooney berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-53. Mimpi Van Gaal meraih kemenangan pada debut Liga Premier kandas pada menit ke-72. Sigurosson mencetak gol kemenangan The Swans.

Scholes yang melihat pertandingan tersebut menilai, formasi 3-5-2 yang diterapkan Van Gaal kepada pemain Setan Merah (sebutan MU) berjalan sangat lambat. Pria berusia 39 tahun itu tampak kecewa dengan taktik baru di skuat MU.



"Dalam 20 tahun terakhir, kami telah memainkan formasi 4-4-2 ayau 4-4-1-1. Formasi itu membawa kesuksesan untuk kami. Mungkin Van Gaal terobsesi dengan formasi 3-5-2 setelah kesuksesannya di Piala Dunia bersama Timnas Belanda. Tidak ada yang meragukan hal itu," kata Scholes, dikutip dari Daily Mail.

Legenda MU itu tidak suka dengan gaya baru Setan Merah yang lebih mengutamakan menguasai bola sepanjang permainan ketimbang mencetak banyak gol.

"Semua orang perlu sedikit kesenangan dan saya tidak menganggap 3-5-2 permainan yang membosankan. Tapi itu merupakan taktik yang sangat lambat untuk dimainkan. Mereka mengandalkan penguasaan bola ketimbang mencetak gol," tegas pria kelahiran Salford, Inggris tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini