Sukses

Berapa Gaji Minimal Pemain di La Liga Spanyol?

Pemain di La Liga minimal harus digaji Rp 1,9 miliar per tahun.

Liputan6.com,Madrid: Gaji pemain Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid atau Valencia tentu sangat besar. Empat klub papan atas La Liga Spanyol ini tak segan untuk membayar pemainnya dengan banderol mahal.

Ronaldo misalnya dibayar Madrid 21 juta euro (Rp 323 Miliar) per tahun. Sedangkan Lionel Messi berada di bawahnya dengan gaji 20 juta euro per musim.

Tapi fakta lain terungkap di klub-klub papan bawah seperti Almeria, Cordoba atau El Che ternyata ada yang di bawah standar. Seperti dilansir Sport, asosiasi pemain akhirnya mencapai kesepakatan dengan otoritas sepak bola Spanyol (LFP) terkait gaji minimal pemain klub papan bawah La Liga.

Musim ini, gaji minimum pemain di La Liga Spanyol adalah 129 ribu euro (Rp 1,9 Miliar) per tahun. Jumlah ini 14 kali lipat lebih besar dari gaji minimum pekerja di sektor lain selain sepak bola.

Gara-gara kesepakatan ini, Almeria harus merevisi gaji pemain mereka Edgar Mendez. Sebelumnya, Edgar baru digaji 64.500 euro per tahun, atau setengah dari regulasi minimum gaji yang ditetapkan LFP. Edgar pun mendapatkan kenaikan gaji signifikan berkat peraturan ini.

Kesepakatan juga menyangkut waktu libur untuk pemain. Pemain setidaknya harus punya waktu libur 1,5 hari setiap pekan. Sedangkan kerja tidak boleh lebih dari 7 jam sehari. Pemain juga berhak mendapatkan jatah libur Natal pada 23 Desember sampai 2 Januari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini