Sukses

HOS Tjokroaminoto Cup Jadi Ajang Seleksi ke Portugal

Ada 18 pemain terbaik yang akan dipilih dari Tjokroaminoto Cup dan berhak ikut Iber Cup di Portugal.

Liputan6.com, Bekasi: Sebanyak 12 SSB dari Jabodetabek dan Bandung bertarung untuk menjadi yang terbaik di H.O.S Tjokroaminoto Cup yang berlangsung di lapangan Legenda Football Academy (LFA), Tambun Selatan Bekasi. Kompetisi untuk pemain U-16 ini sudah berlangsung sejak Sabtu (1/11/2014).

Laga pembuka menampilkan SSB Tangerang Raya melawan Kabomania. Kompetisi direncanakan akan dihelat mulai 1 November sampai 1 Februari 2015 mendatang dan menggunakan sistem setengah kompetisi. Menurut Presiden Direktur LFA, Erik Hidayat, kompetisi ini merupakan salah satu bentuk usaha mereka untuk mengembangkan sepak bola nasional.

"Kami tergerak untuk membantu untuk meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia salah satunya dengan membangun sebuah lapangan sepak bola yang representatif di sini," tandasnya.

"Dulu lahan di sini awalnya ditawarkan untuk menjadi SPBU. Secara bisnis itu menguntungkan, tapi saya tak melihat ada value atau nilainya. Meski masih mencari sponsor, saya senang akhirnya bisa membuat lapangan yang dipakai untuk kompetisi U-16 HOS Tjokroaminoto Cup," tambahnya.

Turnamen U-16 HOS Tjokroaminoto Cup ini pada akhirnya akan memilih sekitar 18 pemain terbaik yang akan dibawa untuk mengikuti Iber Cup di Estoril Portugal pada 13-19 Juli 2015. Menurut salah satu pakar pembinaan usia dini dari ASSBI, Taufik Jursal Effendi, digelarnya HOS Tjokroaminoto Cup merupakan salah satu strategi untuk mencari bibit pemain untuk timnas U-17.

"Sekarang pemain yang ikut kelahiran 1999 atau 2000, jadi usianya masih sekitar 14 tahunan. Nah, kami berharap pemain ini sudah matang saat Piala Dunia U-17 digelar di India pada 2017 mendatang," tuturnya. (Bersambung ke page 2: Sampai April 2015)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sampai April 2015

Dijelaskannya, proses seleksi pemain akan dipantau oleh talent scout seperti Bambang Nurdiansyah  atau Roby Darwis. Dari 320 anak-anak yang bertarung akan diciutkan menjadi 44 pemain hingga pekan ke-10. "Setelah itu diciutkan lagi 30 pemain pada pekan ke-11. Saat itu kami rencananya akan menggelar trofeo international challenge di sini," ujar Taufik.

Ditambahkannya, seleksi hingga didapatkan 18 pemain akhir berakhir pada April 2015. Setelah itu, pemain akan menjalani pemusatan latihan pada Jumat, Sabtu dan Minggu selama Mei dan Juni.

"Kami memilih ikut Iber Cup karena lebih bergengsi. Tidak seperti Gothia, turnamen ini menampilkan bukan SSB tapi akademi akademi top seperti dari Gamba Osaka dan Atletico Madrid," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.