Sukses

15 Fakta Menarik PSG vs Chelsea

Dalam tiga musim terakhir, Paris Saint-Germain berhasil lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Liputan6.com, Paris - Paris Saint-Germain dan Chelsea akan saling berhadapan di babak 16 besar Liga Champions. Partai ini diprediksi bakal berjalan sengit, mengingat kedua tim memiliki barisan pemain bintang.

Bagi Les Parisiens, The Blues bukanlah lawan yang asing. Di perempatfinal musim lalu, kedua tim pernah saling berhadapan. Dan Chelsea lah yang keluar sebagai pemenang berkat keunggulan gol tandang.

Pada fase knock-out Liga Champions musim ini, kedua tim akan kembali bersua. Di leg pertama, PSG akan lebih dulu menjamu Chelsea di Parc des Princes, Rabu (18/2) dini hari WIB. Sedangkan di pertemuan kedua, giliran Chelsea yang meladeni perlawanan PSG di Stamford Bridge, 11 Maret mendatang,.

Menghadapi partai sengit ini, kedua tim bakal turun dengan skuat terbaiknya. PSG tetap mengandalkan trio mautnya, Edinson Cavani, Zlatan Ibrahimovic dan Ezequiel Lavezzi di lini depan.

Sedangkan Chelsea, berharap pada ketajaman Diego Costa yang ditopang oleh Eden Hazard, Oscar dan Cesc Fabregas yang menjadi motor serangan di lini tengah.

PSG sendiri memiliki memori bagus saat menghadapi Chelsea di Parc des Princes. Musim lalu, mereka berhasil membungkam Chelsea dengan skor 3-1 di leg pertama perempatfinal Liga Champions.

Meski begitu, Si Biru bukanlah lawan yang sembarangan. Pasalnya, Chelsea pernah mempermalukan PSG dihadapan pendukungnya sendiri tiga gol tanpa balas di laga penyisihan grup Liga Champions musim 2004/05.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1.

Data dan Fakta Menarik PSG vs Chelsea:

1. Ini adalah pertemuan kedua PSG dan Chelsea di fase knock-out Liga Champions. Tahun lalu, Chelsea sukses menghentikan laju Les Parisiens di perempatfinal, berkat keunggulan gol tandang.

2. Kedua tim juga pernah bersua di fase grup Liga Champions musim 2004/05. Chelsea sukses memetik kemenangan 3-0 di Parc des Princes, dan bermain imbang tanpa gol saat bentrok di Stamford Bridge.

3. Dari empat pertemuan terakhir kontra Chelsea, PSG gagal mencetak gol di tiga pertandingan.  

4. Dalam tiga musim terakhir, PSG berhasil lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Itu adalah torehan terbaik mereka. Bahkan, mereka mampu menembus perempatfinal di musim 2012/13 dan 2013/14.

5. PSG hanya menelan satu kekalahan di delapan pertandingan terakhir fase knock-out (empat kali menang; tiga kali imbang). Satu-satunya kekalahan itu didapat saat bersua Chelsea pada April 2014 (kalah 0-2).

6. Les Parisiens tidak terkalahkan di 32 laga kandang terakhir mereka di kompetisi Eropa (22 menang; 10 imbang), catatan terbaik klub Prancis. Kekalahan kandang terakhir mereka terjadi saat menghadapi Hapoel Tel Aviv di babak grup Piala UEFA, November 2006.

7. PSG juga tidak pernah gagal mencetak gol di 18 laga kandang dalam kompetisi Eropa. BATE Borisov adalah tim terakhir yang tidak kebobolan di Parc des Princes, Februari 2011.

8. 70 persen gol PSG di Liga Champions musim ini tercipta di 15 menit pembukaan dan 15 menit jelang laga usai.

9. Chelsea untuk ke-11 kalinya lolos ke babak 16 besar Liga Champions dalam 12 musim terakhir.

10. Bersama FC Porto dan Real Madrid, Chelsea adalah tim yang belum terkalahkan di Liga Champions musim ini.

3 dari 3 halaman

2.

11. Chelsea adalah tim yang paling banyak mencetak gol di fase grup Liga Champions musim ini (17 gol). 47 persen diantaranya tercipta lewat situasi bola mati.

12. Edinson Cavani sudah mencetak lima gol di enam pertandingan Liga Champions musim ini. Empat dari lima pertandingan yang dijalani Cavani di fase gugur Liga Champions adalah menghadapi Chelsea (ketika masih membela Napoli dan kini bersama PSG).

13. Zlatan Ibrahimovic sudah mencetak tujuh gol dari 33 pertandingan di fase knock-out Liga Champions.

14. Eden Hazard adalah pemain yang paling banyak melakukan drible di Liga Champions musim ini (38), lebih banyak dibandingkan Lionel Messi (37).

15. Jose Mourinho hanya menelan satu kekalahan dari 15 pertandingan Liga Champions kala bersua klub Prancis (11 kemenangan; 3 imbang). Satu-satunya kekalahan itu terjadi di markas PSG, Parc des Princes (kalah 1-3).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.