Sukses

10 Fakta Menarik Juventus vs Borussia Dortmund

Juventus hanya menelan dua kekalahan di 28 laga kandang terakhir mereka di Liga Champions

Liputan6.com, Turin - Juventus memiliki catatan bagus saat menghadapi klub Bundesliga Jerman di kompetisi Eropa. I Bianconeri pun diprediksi akan meneruskan trend positif tersebut, saat bersua Borussia Dortmund di 16 besar Liga Champions.

Pada leg pertama, Juve akan lebih dulu menjamu Dortmund di Juventus Stadium, Rabu (25/2) dini hari WIB. Sementara di pertemuan kedua, giliran Die Borussen yang meladeni perlawanan La Vecchia Signora di Signal Iduna Park, 18 Maret mendatang.

Bagi kedua tim, ini adalah pertemuan pertama setelah terakhir kali saling berhadapan di partai final Liga Champions musim 1996/97. Saat itu, Dortmund sukses membungkam Juve 3-1, sekaligus merengkuh gelar juara Liga Champions yang perdana.

Enggan mengulangi hasil serupa, Juventus pun akan tampil habis-habisan kala meladeni perlawanan Dortmund. Apalagi, mereka juga mengusung misi lolos ke perempatfinal untuk pertama kalinya sejak musim 2005/06.

Kans skuat Hitam-Putih merengkuh kemenangan juga terbilang cukup besar. Pasalnya, dari 21 kali pertemuan kontra tim Bundesliga di kandang sendiri, Juventus sukses memetik 14 kemenangan, dua hasil imbang dan hanya menelan lima kekalahan.

Namun begitu, Borussia Dortmund bukanlah lawan yang sembarangan. Meski tampil buruk di Bundesliga, tapi, Dortmund bermain trengginas saat melakoni laga di Liga Champions. Dalam dua musim terakhir, Der BVB mampu menembus perempatfinal, termasuk berlaga di final musim 2012/13.

Lanjut ke halaman berikut --->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Data dan Fakta Juventus vs Borussia Dortmund

Data dan Fakta Juventus vs Borussia Dortmund:

1. Terakhir kali Juventus dan Borussia Dortmund saling berhadapan adalah di final Liga Champions musim 1996/97. Die Borussen berhasil memetik kemenangan 3-1 dalam pertandingan yang berlangsung di Olympiastadion, Munich.

2. Dortmund sukses memetik dua kemenangan terakhir kontra Juventus, keduanya di Liga Champions pada November 1995 dan Mei 1997.

3. Dortmund tidak pernah mencatatkan clean sheet saat menghadapi Juventus di tujuh pertemuan terakhir kedua tim.

4. Dalam enam musim terakhir, Juventus hanya mampu dua kali lolos ke fase knock-out Liga Champions (musim 2012/13 dan 2014/15).

5. Juventus hanya menelan dua kekalahan di 28 laga kandang terakhir mereka di Liga Champions (17 menang; imbang 9). Dua kekalahan itu didapat saat menghadapi Bayern Munich.

3 dari 3 halaman

3.

6. Hanya AS Monaco (4 gol) yang mencetak gol lebih sedikit dibandingkan Juventus (7; sama dengan koleksi gol milik FC Basel dan Bayer Leverkusen) di antara 16 tim yang berhasil lolos ke fase knock-out Liga Champions.

7. Borussia Dortmund berhasil lolos ke fase knock-out Liga Champions dalam tiga musim terakhir, di mana hal tersebut tidak pernah terjadi sejak mencapainya pada fase lebih jauh lagi dalam tiga musim beruntun di musim 1995/96 sampai 1997/98.

8. Borussia Dortmund hanya memetik satu kemenangan dari delapan pertandingan tandang terakhir mereka di fase knock-out Liga Champions (3 imbang; empat kalah; termasuk di laga final 2013 yang berlangsung di Wembley). Satu-satunya kemenangan didapat saat bersua Zenit St Petersburg pada Februari 2014.

9. 13 dari 14 gol Borussia Dortmund di Liga Champions musim ini tercipta dari situasi open play.

10. Striker Dortmund, Adrian Ramos mencetak tiga gol hanya dalam waktu 62 menit, di tiga pertandingan tandang di Liga Champions musim ini. Ramos adalah pemain cadangan yang mencetak gol terbanyak di Liga Champions musim ini.

Baca Juga:

Buffon Doakan Marco Reus Mandul

Fakta Menarik Babak 16 Besar Liga Champions (4)

Bersua Juve, Klopp: Dortmund Kini Lebih Tangguh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini