Sukses

Duet Tevez-Morata Gemilang, Juventus Bungkam Dortmund

Dua gol kemenangan Juventus dicetak Tevez dan Morata.

Liputan6.com, Turin - Dua gol yang masing-masing dicetak Carlos Tevez dan Alvaro Morata mengantarkan Juventus unggul tipis 2-1 atas Borussia Dortmund pada leg pertama babak 16 besar di Juventus Arena, Turin, Rabu (25/2/2015) dinihari WIB.

Kemenangan dengan skor tipis ini membuat Juventus punya sedikit keuntungan saat melakoni leg kedua di kandang Dortmund, Signal Iduna Park pada 19 Maret nanti.

Di laga ini, Juventus turun dengan formasi 4-4-2 mengandalkan duet Carlos Tevez dan Alvaro Morata. Di kubu Dortmund, pelatih Juergen Klopp menggunakan formasi menyerang 4-2-3-1 dengan menempatkan Ciro Immobile sebagai targetman.

Bermain di kandang lawan, Dortmund justru mendapatkan peluang hanya beberapa saat setelah kick-off. Sayang, tendangan keras Immobile dari luar kotak penalti masih tipis di atas mistar gawang.

Selepas peluang itu, Dortmund terus mendominasi permainan sedangkan Juventus tampak kesulitan mengembangkan permainan.

Namun, di menit ke-13 justru tuan rumah yang unggul lebih dahulu 1-0 melalui Carlos Tevez. Striker asal Argentina menyambar bola muntah tendangan Alvaro Morata.

Keunggulan Juventus tidak bertahan lama. Lima menit selepas gol Tevez, Marco Reus membuat skor imbang 1-1. Ia memanfaatkan  memanfaatkan kesalahan Giorgio Chiellini yang terpeleset saat akan menahan bola. Sepakan kaki kanan Reus ke sisi kanan gawang berhasil mengecoh Buffon.

Pada menit ke-26, Bonucci mendapatkan peluang untuk kembali membawa Juventus unggul. Hanya saja tandukkannya memanfaatkan umpan Andrea Pirlo masih menyamping di sisi kiri gawang Dortmund.

Memasuki menit akhir pertandingan anak asuh Allegri kian gencar dalam melakukan serangan. Hasilnya, Morata membawa Juventus unggul 2-1 tiga menit jelang babak pertama berakhir.

Memanfaatkan umpan menyusur tanah Paul Pogba, Morata yang tidak terkawal di kotak penalti dengan mudah menceploskan bola ke gawang Dortmund. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

Lanjut ke halaman berikutnya -->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalannya Babak Kedua

Juventus mengawali babak kedua dengan agresif. Kombinasi Pogba, Arturo Vidal, dan Roberto Pereyra yang rajin menyuplai bola ke lini depan membuat pertahanan Dortmund kerepotan.

Setelah peluang dari Morata terbuang percuma karena lebih dulu terperangkap off-side, giliran Leonardo Bonucci yang mendapatkan peluang lainnya. Namun, tandukkannya usai memanfaatkan sepak pojok masih bisa digagalkan Weidenfeller.

Dortmund yang lebih banyak tertekan di awal babak kedua akhirnya mendapatkan peluang pertama mereka. Umpan mendatar Pierre Aubameyang mampu diterima dengan sempurna oleh Immobile, tapi sepakannya masih tepat dipelukan Buffon.

Memasuki dua puluh menit terakhir pertandingan, tuan rumah kian gencar membombardir gawang Dortmund yang tampak mulai kelelahan. Dan, Tevez memiliki peluang mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-71.

Usai melewati kawalan beberapa pemain Dortmund, Tevez kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Beruntung bagi tim tamu, tendangan keras striker asal Argentina masih menyamping di sisi kanan gawang Weidenfeller.

Pada menit ke-77, Juventus mendapatkan dua peluang sekaligus. Tendangan Tevez dari luar kotak penalti masih mampu dihalau Weidenfeller sedangkan tandukan Chiellini memanfaatkan sepak pojok masih melambung di atas mistar.

Enam menit jelang bubaran, Pererya membuang peluang emas untuk membawa Juventus unggul 3-1. Tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Weidenfeller, tendangan kaki kirinya memanfaatkan umpan Morata justru menyamping di sisi kanan gawang 'Die Borussen'.

Susunan Pemain
Juventus (4-3-1-2)
Buffon; Lichtsteiner, Bonucci, Chiellini, Evra; Marchisio, Pirlo/ Pereyra (37), Pogba; Vidal/ Padoin (86); Tevez/ Coman (88), Morata

Dortmund (4-2-3-1)
Weidenfeller; Piszczek/ Ginter (32), Papastathopoulos/ Kirch (46), Schmelzer; Gundogan, Sahin; Mkhitaryan, Reus, Aubameyang; Immobile/ Blaszczykowski (76)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini