Sukses

Jalan Tristan Alif Gabung Ajax Makin Terbuka

Kemenpora tengah mencarikan pekerjaan di Belanda untuk ayahanda Tristan Alif.

Liputan6.com, Jakarta Sedikit cahaya terang mulai menerangi jalan pesepakbola cilik berbakat Indonesia, Tristan Alif Naufal. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mencoba mencarikan jalan keluar untuk keluarga Alif, yang rencananya bakal tinggal di Belanda ketika meniti karier di negara Eropa tersebut.

Seperti diketahui, Alif diterima untuk bergabung dengan akademi Ajax Amsterdam, namun dengan sejumlah persyaratan. Orang tua Alif harus memiliki pekerjaan selama putranya menimba ilmu di akademi Ajax. Lalu, Alif sekeluarga juga harus memiliki izin tinggal di Negeri Kincir Angin tersebut.

Dua persyaratan tersebut belum bisa dipenuhi oleh keluarga Alif, oleh karena itu Kemenpora mencarikan pekerjaan di Belanda untuk orang tua Alif. Selain itu, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, juga mencoba mendorong Kementerian Luar Negeri untuk memudahkan proses izin tinggal Alif sekeluarga di Belanda.

"Membantu proses izin tinggal Tristan Alif dan mencarikan pekerjaan bagi orang tuanya di Belanda tetap menjadi perhatian kami. Kita sudah berkirim surat ke Kepala Perwakilan RI di Belanda mengenai permohonan bantuan proses izin tinggal Tristan Alif. Sejauh ini kita juga sedang mengusahakan beberapa alternatif pekerjaan di Belanda bagi orang tuanya," kata Menpora Imam Nahrawi dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Surat permohonan bantuan proses izin tinggal itu ke Kepala Perwakilan RI di Belanda tersebut sudah dikirimkan pada 25 Februari 2015 oleh Kemenpora. Sementara itu untuk pekerjaan, ada beberapa tempat yang tengah diusahakan oleh Kemenpora melalui jaringan pribadi.

Lanjut ke halaman berikutnya untuk pekerjaan ayah Tristan Alif---->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Menpora membeberkan, beberapa alternatif pekerjaan formal bisa didapat oleh ayahanda Alif, Ivan Trianto. Pekerjaan itu di antaranya bekerja di kantor Garuda Indonesia di Belanda atau bekerja di Kedutaan Besar RI di Den Haag, Belanda.

“Staf kami terus berkomunikasi dengan warga negara Belanda asal Indonesia. Ada yang sedang mencarikan pekerjaan untuk orang tua Alif. CV ayahnya Alif juga baru kita terima dan segera akan ditindaklanjuti. Mudah-mudahan semua berjalan lancar,” terang Imam.

Seperti diketahui, selama menjalani trial bersama Ajax di Belanda, Alif meraih prestasi gemilang. Bahkan, klub besar Belanda lainnya, Feyenoord, juga berminat merekrut Alif untuk masuk ke dalam akademi mereka.

Alif kini masih berusia 10 tahun dan memiliki potensi besar untuk bisa berkarier di kompetisi Eropa. Jika Alif jadi masuk ke akademi Ajax Amsterdam, maka bocah kelahiran Jakarta itu akan menjadi anak Asia pertama yang melakukannya.

Baca juga:

Legenda Uruguay Putuskan Mundur dari Timnas

Misteriusnya Rekan Latih Tanding Manny Pacquiao

Legenda Madrid Disiapkan Jadi Pengganti Ancelotti

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini