Sukses

Mata Gemilang, Liverpool Tumbang di Anfield

Pertandingan terakhir Steven Gerrard tidak berakhir dengan cerita indah.

Liputan6.com, Liverpool - Drama menghiasi laga Liverpool vs Manchester di Anfield, Minggu (22/3/2015). Kartu merah yang diterima Steven Gerrard selama kurang dari semenit, tendangan salto Juan Mata dan penalti Wayne Rooney yang gagal mewarnai laga yang berakhir dengan skor 1-2 untuk tim tamu.

Pada lima menit awal, Liverpool menguasai bola dan Raheem Sterling berhasil melewati Daley Blind sebelum mendapat dikawal dengan ketat oleh Phil Jones. Namun dribel Sterling kurang mulus, bola mengalir terlalu deras dan mampu ditangkap oleh De Gea.

Memasuki menit ke-15, Liverpool harus kecolongan lewat serangan cepat yang diinisiasi oleh Ander Herrera. Juan Mata berlari lebih cepat ketimbang bek-bek Liverpool, menggunakan kaki kanannya, sayap asal Spanyol itu memperdaya Simon Mignolet.

Tiga menit kemudian, Daniel Sturridge melepaskan tembakan usai menerima umpan Jordan Henderson, tetapi bola melebar tipis dari samping gawang. Sempat ada tubrukan yang terjadi di tengah lapangan ketika Phil Jones berebut bola atas dengan Adam Lallana hingga terjatuh, meski sempat mengerang kesakitan pemain Inggris ini bisa melanjutkan laga. 

Usai kejadian itu, Manchester United kembali menekan. Terjalin kerja sama antara Daley Blind dan Michael Carrick yang meneror gawang tuan rumah tetapi tembakan yang dieksekusi nama terakhir gagal menemui sasaran.

Pada menit ke-32, The Reds nyaris menyamakan angka. Dari sektor kanan, Jordan Henderson mengirim umpan dan menemui kaki Daniel Sturridge, ia kemudian mengirim umpan kepada Adam Lallana. Tak mendapatkan kawalan ketat dan David de Gea yang sudah mati langkah, Lallana menembak tapi bola melebar tipis di samping gawang. 

Manchester United sebenarnya punya peluang bagus ketika Carrick melepaskan tendangan dari luar kotak penalti tapi itu bisa diamankan oleh Simon Mignolet. Tapi hingga babak pertama usai, keunggulan tetap milik tim tamu.

Baca Halaman Selanjutnya.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, Brendan Rodgers memasukkan Steven Gerrard yang menggantikan Adam Lallana agar bisa membakar semangat penggawa Liverpool. Alih-alih memberikan kontribusi positif, sang kapten malah diusir wasit walau baru 48 detik berada di lapangan

Pada menit ke-57, terdapat kejadian yang mengocok perut ketika Di Maria yang sedang mengejar bola pantulan menangkap bola padahal posisi si kulit bundar belum keluar lapangan. Namun keputusan Martin Atkinson kembali membuat dahi mengernyit karena pemain Argentina itu tak mendapat hukuman.

Beberapa saat kemudian, Phil Jones menerjang Jordan Henderson yang berlari tanpa bola tapi wasit hanya memberikan kartu kuning. Kembali Balotelli berlari dengan Phil Jones dan bek Inggris itu menjatuhkan diri, kesal akan aksi divingnya Balotelli menyentil kuping Jones dan Atkinson memberikan kartu kuning untuk Super Mario. 

Luka Liverpool kian bertambah ketika pada menit ke-59, Juan Mata bertukar operan dengan Angel di Maria. Dengan sebuah umpan chip, bola berputar ke udara dan menemui salto Juan Mata yang mengarahkan si kulit bundar ke sisi kanan Mignolet.

Liverpool akhirnya memperkecil skor menjadi 1-2 di menit ke-69. Menerima umpan mendatar dari Coutinho, Sturridge melepaskan tembakan dari sudut sempit yang gagal ditepis De Gea. Selepas gol Sturridge tepatnya di menit ke-78, tensi pertandingan kian memanas, bahkan Balotelli nyaris berkelahi dengan Chris Smalling dan Mignolet beradu dengan Wayne Rooney. 

Lima menit jelang laga berakhir, Mignolet sempat membuat jantung pendukung The Reds berdegup kencang ketika sundulan yang kurang akurat dari Can nyaris direbut Di Maria. Namun, Mignolet dengan tenang menerima operan rekannya yang sempat mengecoh lawan sebelum mengoper bola kembali.

Memasuki menit tambahan waktu, Daley Blind terjatuh oleh dorongan Emre Can dan wasit menunjuk titik putih. Rooney yang 10 tahun terakhir gagal mencetak gol di Anfield kembali harus bersabar karena sepakan penaltinya ditepis Mignolet.

Di menit akhir, Martin Skrtel berlari mengejar bola yang berhasil diselamatkan De Gea. Namun pria Slovakia itu menginjak betis De Gea dan laga ini harus diakhiri dengan ketegangan. Hasil ini membuat MU tetap berada di peringkat keempat dengan 59 poin dari 30 laga. Sementara Liverpool berada setingkat di bawah MU dengan koleksi 54 poin.

Liverpool: Mignolet, Can, Skrtel, Sakho, Henderson, Allen, Moreno / Balotelli (66), Sterling, Lallana/ Gerrard (46), Coutinho, Sturridge

Manchester United: De Gea, Valencia, Jones, Smalling, Blind / Rojo (90), Carrick, Herrera/ Falcao (83), Mata, Fellaini, Young/ Di Maria (55), Rooney.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini