Sukses

Barcelona Undang Mantan Pelatih Nonton Final di Berlin

4 pelatih yang diundang ke Berlin pernah membawa Barcelona ke final, bahkan menjadi juara.

Liputan6.com, Barcelona: Barcelona ingin mendapatkan sokongan dari mantan pelatih saat jumpa Juventus di final Liga Champions pada 7 Juni mendatang di Berlin. Mantan pelatih Barcelona seperti Terry Venables, Johan Cruyff, Frank Rijkaard dan Josep Guardiola bakal duduk di kursi VIP untuk saksikan final.

Hal ini diungkapkan Wakil Presiden Barcelona, Jordi Cardoner. Seperti dikutip Barca, semua mantan pelatih ini diundang karena pernah membawa Barcelona tampil di final kejuaraan Eropa.

Sebenarnya,masih ada satu lagi mantan pelatih istimewa yaitu Enrique Orizaola. Namun, pelatih yang membawa Barcelona ke final kejuaraan Eropa 1961 lalu ini sudah meninggal dua tahun lalu. Orizaola membawa Barcelona ke final yang berlangsung di Bern tapi kalah 2-3 dari Benfica.
Terry Venables saat menjadi asisten pelatih timnas Inggris (PAUL ELLIS / AFP)
Begitu pula Terry Venables yang pernah membawa Barcelona tembus ke final kejuaraan Eropa pada 1986 lalu. Di final yang berlangsung 7 Mei 1986, Barcelona kalah 0-2 dari Steau Bucharest lewat adu penalti.

Sedangkan Cruyff menjadi pelatih Barcelona pertama yang memberikan trofi untuk Azulgrana di Liga Champions musim 1991/92.  Di final melawan Sampdoria, Barcelona menang 1-0 berkat gol tendangan geledek Ronald Koeman.

Lanjut ke halaman berikutnya..

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Rijkaard memberikan trofi kedua bagi Barcelona saat memimpin timnya menang 2-1 atas Arsenal di laga final di Paris 2006 lalu. Sementara Guardiola berhasil memberikan dua trofi untuk Barca pada musim 2009 dan 2011. Dua trofi semuanya berasal dari laga final melawan Manchester United.

"Kehadiran mereka bakal sangat berarti bagi kami. Soalnya laga nanti bakal sangat spesial untuk klub ini," tandas Cardoner seperti dikutip Marca.
Frank Rijkaard (LLUIS GENE / AFP)
Dia juga menjelaskan jika pemilihan Presiden baru Barcelona bakal berlangsung pada 15-29 Juli mendatang. Tanggal pastinya bakal ditetapkan usai laga final Liga Champions nanti.

"Pekan depan pertemuan terakhir manajemen bakal digelar dan tanggal pasti pemilihan bakal diumumkan," serunya.

Josep Guardiola bersama Lionel Messi di pinggir lapangan (ODD ANDERSEN / AFP)

Baca Juga:

5 Pemain Muda Paling Bersinar Musim Ini

Ramos Mulai Kesal Sifat Serahkah Ronaldo?

Lagi, Lorenzo Kalahkan Rossi untuk Podium Satu GP Prancis

Roy Suryo Sedih PSSI Kisruh Lagi

Whatsapp, Kunci Kebangkitan Barcelona Musim Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.