Sukses

Nurdin Halid Ungkap Cara Atasi Kisruh Menpora-PSSI

Mantan ketua umum PSSI, Nurdin Halid menilai pembekuan yang dilakukan Kemenpora terhadap PSSI keliru.

Liputan6.com, Jakarta: Mantan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI), Nurdin Halid mengimbau agar kisruh pembekuan PSSI oleh Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, diserahkan ke FIFA (Federation Internationale de Football Association).

"Saya sangat menentang keputusan Menpora dengan membekukan PSSI. Cara terbaik yang perlu dilakukan sekarang agar terhindar dari sanksi FIFA adalah PSSI, harus menyerahkan diri," kata Nurdin Halid, usai menghadiri Up-Grading 1.000 Pemandu Lembaga Pendidikan Pengkoperasian (Lapenkop), di Bandung, Selasa.

Dia menuturkan, PSSI sebaiknya melaporkan atau menyerahkan sepenuhnya permasalahan dengan Menpora kepada FIFA. Setelah itu, FIFA yang akan berkomunikasi dengan pemerintah. "Kemudian FIFA yang akan membentuk tim untuk menyelesaikan persoalan antara PSSI dan Kemenpora," ujar Nurdin.

Politisi dari Partai Golkar itu pernah menempuh solusi itu ketika tidak diakui Menpora Andi Alfian Mallarangeng pada 2008 lalu.

"Ini pernah saya lakukan saat saya menjabat sebagai Ketua PSSI dan Menpora Andi tidak mengakui kepemimpinan saya saat itu, maka saya menyerahkan kepada FIFA sehingga Indonesia tidak dihukum (oleh FIFA)," kata dia.

Dijelaskannya, bukan tidak mungkin FIFA langsung memberikan sanksi jika PSSI tidak meminta bantuan. Dia pun menilai menuver Menpora membekukan PSSI keliru.

"Bila hendak memperbaiki sesuatu jangan membakar rumahnya, kalau sekarang Menpora membakar rumahnya. Harusnya Menpora memperbaiki penghuni rumahnya, SDM dan kualitas kepengurusan yang dibenahi oleh Menpora," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini