Sukses

PSSI Pastikan Utusan FIFA dan AFC Datang ke Indonesia

PSSI sebelumnya telah mengajukan proposal untuk dibahas dalam rapat Komite Eksekutif FIFA di Zurich

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jendral PSSI, Azwan Karim menyatakan kalau FIFA telah setuju dengan proposal PSSI agar FIFA dan AFC melalui joint delegation datang ke Jakarta sebagai utusan resmi lembaga tersebut setelah Indonesia disanksi FIFA.

Sebelumnya, proposal PSSI tersebut diajukan untuk dibahas dalam meeting komite eksekutif FIFA di Zurich pekan lalu. Azwan menjelaskan, cara ini ditempuh agar nantinya, keputusan PSSI nantinya sejalan dengan FIFA, bukan perorangan.

Tujuan delegasi tersebut datang ke Jakarta adalah, berdikusi mengenai syarat dan potensi FIFA mencabut sanksi untuk Indonesia. Diharapkan muncul jalan keluar, sehingga sepakbola Indonesia dapat diterima dalam pergaulan sepakbola internasional.

"FIFA setuju dengan usulan PSSI agar mengirim delegasi resmi FIFA dengan unsur gabungan dari FIFA dan AFC. Sehingga sikap yang diambil nantinya adalah sikap resmi FIFA. Bukan atas nama perorangan," ungkap Azwan Karim, Jumat (25/9/2015).

Lebih jauh, Azwan menerangkan, FIFA bakal mengirim dua orang utusan dan satu orang dari AFC. Delegasi akan dipimpin Kohzo Tashima (FIFA) dengan anggota H.R.H Prince Abdullah (FIFA) dan Mariano Araneta (AFC). Hanya saja, Azwan menerangkan, PSSI belum bisa mengonfirmasi tanggal kedatangan delegasi FIFA dan AFC ke Jakarta.

"Mengenai waktunya, PSSI akan berkoordinasi lebih lanjut. Karena PSSI akan meminta waktu kepada Presiden Joko Widodo untuk dapat menerima delegasi resmi FIFA tersebut," papar Azwan. (Rjp/Rco)