Sukses

Hadapi Ukraina, Del Bosque Ingat Memori Indah Spanyol di Kiev

Kenangan apa itu?

Liputan6.com, Kiev - Pelatih Timnas Spanyol, Vicente Del Bosque menuntut tim tidak mengendurkan performa ketika menghadapi Ukraina di pertandingan terakhir Kualifikasi Piala Eropa, Senin 12 Oktober 2015 di Olympic Stadium, Kiev.

Meski telah memastikan satu tempat di putaran final Piala Eropa 2015, Del Bosque tidak ingin para pemain terlena.

Kiev menjadi tempat spesial bagi Spanyol. Tiga tahun lalu, tepatnya di Final Piala Eropa 2012, Spanyol berpesta di stadion yang sama. Ketika itu, Spanyol juara setelah menggasak tim sesama raksasa sepakbola dari Benua Biru, Italia dengan skor telak empat gol tanpa balas. Del Bosque berharap memori indah itu membuat tim semangat agar tampil kompetitif di hadapan Ukraina untuk memantapkan jalan ke Prancis.

"Final di Kiev pada 2012, merupakan permainan tim ketika saya menjadi pelatih kepala. Dan saya berharap kami bisa mencapai standar itu lagi," ucap mantan pelatih Real Madrid tersebut dilansir dari FourFourTwo.

Menurut Del Bosque, tim sudah siap tempur menghadapi pertandingan ini. Waktu pertandingan dengan jeda waktu kompetisi yang lama membuat para pemain memiliki kebugaran yang cukup. Kami datang ke sini pada waktu yang ideal. Kami akan bermain dengan keberanian dan gairah," sambung sang entrenador.

Pelatih veteran tersebut menyadari betul ancaman dari tuan rumah Ukraina yang bakal tampil ngotot untuk memastikan satu tempat di Piala Eropa 2016 secara otomatis. Ukraina kini menempati peringkat tiga klasemen grup C. Tim Eropa Timur ini mengemas poin yang sama dengan Slovakia yang duduk di peringkat 2. Kemenangan kontra Spanyol membuat Ukraina nyaman ke Piala Eropa tanpa perlu melewati jalur playoff.

"Ukraina sedang mencari kemenangan. Tapi seperti olahragawan, kami harus mencoba menghentikan mereka," ucap pelatih 64 tahun ini. "Kami memang telah lolos dari Kualifikasi. Namun itu bukan berarti kami tidak punya motivasi," dia melanjutkan.

Menghadapi pertandingan ini, Del Bosque telah mengantongi starter yang bakal ditampilkan. Dia mengungkapkan, Paco Alcacer yang mencetak dua gol di partai kontra Luksemburg bakal masuk starter. Selain itu, Del Bosque juga bakal mencantumkan nama Nolito.

"Nolito membuka ruang dan memberikan kami kedalaman dengan baik. Dia mampu membantu kami membuka pertahanan ketat. Kami membutuhkan dia, karena Ukraina memiliki pemain-pemain sayap yang kuat." (Rjp/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.