Sukses

Daftar Kandidat Pemenang FIFA Ballon d'Or 2015

Selain ada pemain terbaik, penghargaan gol terbaik juga akan diumumkan pada acara FIFA Ballon d'Or.

Liputan6.com, Zurich Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi kembali bersaing untuk memperebutkan penghargaan FIFA Ballon d’Or 2015. Setelah tahun lalu Manuel Neuer ikut dalam tiga besar kandidat terkuat, kini rekan setim Messi di Barcelona, Neymar, masuk dalam daftar tersebut.

Tahun lalu, Ronaldo menjadi pemenang FIFA Ballon d’Or. Begitu juga pada 2013, bintang Real Madrid dinobatkan sebagai yang terbaik untuk penghargaan individual sepak bola paling bergengsi di dunia itu yang digelar malam ini WIB di Zurich, Swiss.

Kali ini, Messi disebut-sebut sebagai kandidat terkuat untuk peraih FIFA Ballon d’Or 2015. Pencapaian Messi bersama Barcelona pada 2015 menjadi alasannya, di mana tim asal Katalan itu meraih treble winner.

Di kategori pemain terbaik wanita, Celia Sasic dari FFC Franfurt, Carli Lloyd dari Houston Dash, dan Aya Miyama dari Okayama Yunogo Belle masuk tiga besar. Carli Lloyd menjadi favorit karena membawa Timnas Amerika Serikat menjuarai Piala Dunia Wanita 2015.

Selain itu, untuk kategori pelatih terbaik dunia, arsitek Bayern Muenchen Pep Guardiola bersaing dengan Luis Enrique yang musim lalu mengantarkan Barcelona memenangi treble winner. Pelatih Timnas Chile, Jorge Sampaoli menjadi satu kandidat lain, setelah prestasinya membawa Alexis Sanchez dan kawan-kawan menjuarai Copa America.

Ada pula penghargaan FIFA Puskas untuk gol terbaik sepanjang 2015. Nama Messi juga masuk dalam daftar kandidat pemenang FIFA Puskas Award, kemudian ada gelandang AS Roma Alessandro Florenzi, dan Wendell Lira dari Goianesia.

Berikut daftar kandidat pemenang FIFA Ballon d’Or 2015:

Pemain Terbaik Dunia FIFA Ballon d'Or

Cristiano Ronaldo (Real Madrid)
Lionel Messi (Barcelona)
Neymar Jr (Barcelona)

Pemain Terbaik Wanita

Carli Lloyd (Houston Dash)
Aya Miyama (Okayama Yunogo Belle)
Celia Sasic (FFC Frankfurt)

Pelatih Terbaik Dunia

Pep Guardiola (Bayern Muenchen)
Luis Enrique (Barcelona)
Jorge Sampaoli (Timnas Chile)

Pelatih Terbaik Dunia Wanita

Jill Ellis (Timnas Amerika Serikat)
Mark Sampson (Timnas Inggris)
Norio Sasaki (Timnas Jepang)

FIFA Puskas Award

Alessandro Florenzi (AS Roma)
Wendell Lira (Goianesia)
Lionel Messi (Barcelona)

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.