Sukses

MU Vs Soton: Mengembalikan Keceriaan di Old Trafford

Manchester United (MU) berharap terus melanjutkan tren positif mereka di 2016 saat menjamu Southampton di Old Trafford.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United (MU) berharap terus melanjutkan tren positif mereka di 2016 saat menjamu Southampton di Old Trafford, Sabtu malam (23/1/2016). Sejak Natal, MU belum terkalahkan dalam lima laga terakhir di semua kompetisi atau empat laga beruntun di Liga Inggris.

Saat ini pasukan Louis Van Gaal berada di peringkat kelima, hanya selisih tujuh poin dengan pemuncak klasemen Arsenal. Mereka juga hanya terpaut dua poin dengan Tottenham Hotspur yang berada di zona Liga Champions.

Baca Juga

  • Konflik Marquez dan Rossi, FIM Berikan Keputusan Final
  • Detail Transfer Bocor, Agen Bale Ngamuk
  • 5 Pemain Pengkhianat Arsenal dan Chelsea



Van Gaal menyadari situasi panas bisa kembali menyala jika timnya tidak melanjutkan perkembangan di kandang. Namun manajer asal Belanda ini mengakui bahwa para pemainnya tidak terpengaruh dengan spekulasi itu.

“Saya pikir tekanan sedikit menghilang, tetapi itu bisa kembali terjadi jika kami kalah melawan Southampton. Kami harus menang. Fan kami selalu berharap kami untuk menang, apalagi di kandang,” ujar Van Gaal seperti dilansir laman resmi klub.



Kendati banyak dikritik, Van Gaal mengatakan tetap mendapat hormat dari para pemainnya. Ia tidak melihat adanya pemain yang membangkang terhadap dirinya ketika beredarnya spekulasi pemecatan terhadap dirinya.

“Sampai saat ini saya tidak berpikir seperti itu. Saya pikir, saya memiliki hubungan dengan pemain, itu hal yang paling penting,” Van Gaal menegaskan.

Manajer berusia 64 tahun itu mengakui penampilan baik yang ditunjukkan timnya saat ini tidak terlepas dari kontribusi kapten mereka, Wayne Rooney. Sejak awal tahun, penyerang berusia 30 tahun itu sudah mencetak lima gol dari empat pertandingannya di semua kompetisi. Penampilan itu juga yang diharapkan bisa berlanjut saat menjamu Soton nanti.

Van Gaal tidak memungkiri Rooney menjadi salah satu inspirasi bagi rekan-rekannya saat mengalahkan Liverpool 1-0 pekan lalu. Bukan lantaran melalui gol semata wayangnya, tetapi juga suntikan motivasinya di ruang ganti saat turun minum. Ia mengajak rekan-rekannya, termasuk juga van Gaal, bersorak-sorak untuk memacu semangat.
 
“Dia (Rooney) tidak hanya penting sebagai pemain, tetapi juga kapten. Saya sangat senang dengannya,” tutur Van Gaal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soton Optimistis

Sementara di kubu tim tamu, pelatih Southampton, Ronald Koeman, juga memiliki optimisme yang sama untuk meraih kemenangan. Koeman mengharapkan para pemainnya bisa mengulang momen manis musim lalu saat menang 1-0 di Old Trafford. Itu merupakan kesuksesan pertama The Saints di Theatre of Dreams dalam 27 tahun terakhir.

Meski penampilan MU belum sepenuhnya konsisten, Koeman tetap merasa khawatir dengan ketegasan tim tuan rumah dalam memburu posisi empat besar klasemen. Itu terlihat dalam kemenangan tandang mereka di akhir pekan lalu. Hanya, Koeman tetap yakin pasukannya bisa meraih tiga poin dalam pertandingan kali ini.



“Mereka (MU) kuat. Mungkin mereka tidak mencetak banyak gol, tetapi mereka tidak kemasukan banyak gol. Sulit untuk mengalahkan MU. Mereka tim dengan banyak kekuatan, tetapi juga terkadang memiliki beberapa kelemahan. Kami tahu karena pada musim ini kami hampir mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan kalah 2-3 (putaran pertama). Dan kami memiliki pengalaman menang setelah 27 tahun di Old Trafford,” kata Koeman.

Manchester United (4-2-3-1): 1 De gea; 36 Darmian, 12 Smalling, 17 Blind, 43 Borthwick-Jackson; 28 Schneiderlin, 27 Fellaini; 35 Lingard, 21 Herrera, 9 Martial; 10 Rooney

Soton (4-2-3-1): 44 Forster; 2 Soares, 17 Van Dijk, 6 Fonte, 21 Bertrand; 12 Wanyama, 16 Ward-Prowse; 7 Long, 10 Mane, 33 Targett; 19 Pelle

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.