Sukses

Formula 1: Menuju GP Bahrain, Tim Rio Haryanto Benahi Ban

Pembenahan di berbagai sektor harus dilakukan Manor Racing sebelum GP Bahrain 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Ban berperan penting dalam persaingan di Formula 1. Manor Racing menyadari hal itu. Pascal Wehrlein pun meminta Manor untuk fokus memperbaiki kinerja ban jelang GP Bahrain 2016.

Manor memang harus memperbaiki beberapa hal sebelum seri kedua digelar di Bahrain, 3 April 2016. Pasalnya, hasil yang mereka dapat pada seri perdana GP Australia tak begitu memuaskan.

Meski Rio Haryanto, pembalap kebanggaan Indonesia, sempat melakukan start bagus, ia malah harus menghentikan aksinya di lap 17. Masalah gearbox pada MRT05 miliknya jadi penyebab utama.

Baca Juga

  • 5 Fakta Menarik Jelang Semifinal Persib Vs Bali United
  • MotoGP Argentina: Rossi Diprediksi Bangkit
  • 5 Sinyal MU Bakal Pecat Van Gaal Akhir Musim Ini



Wehrlein, rekan Rio, memang mendapat hasil yang lebih baik. Di tengah banyaknya pembalap yang berguguran, pembalap yang juga melakoni debutnya di F1 itu sukses finis di urutan 16.

Namun, hal itu tak memuaskan Wehrlein. Pembalap asal Jerman itu yakin seharusnya ia bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Sayang, masalah pada ban dinilai Wehrlein menjadi penghalang utama untuk bersaing dengan pembalap lain.

Tak seperti Rio Haryanto, Pascal Wehrlein dapat hasil yang bagus di Australia (Reuters)

"Kami harus menghadapi degradasi ban yang cukup besar. Dan, setelah enam atau tujuh lap pertama, saya makin memburuk," ungkap Wehrlein seperti dilansir The Checkered Flag.

Kondisi dan kecepatan Wehrlein sempat membaik setelah ia masuk pitstop untuk kali pertama. Namun, permasalahan yang sama harus kembali dihadapi pembalap berusia 21 itu.

"Setelah menggunakan ban baru, kecepatan saya kembali lagi seperti di awal. Saya pun menjadi bisa bertarung dengan pembalap lain," kata Wehrlein.

"Namun, setelah beberapa putaran, saya kembali menghadapi degradasi ban lebih besar. Jadi, itulah hal pertama yang harus kami perbaiki. Kami harus buat ban agar bertahan sedikit lebih lama."

Di sisi lain, Pirelli sudah memberi kebebasan kepada tim dan pembalap untuk memilih jenis ban yang digunakan pada GP Australia 2016. Manor Racing adalah tim yang terbilang main aman. Mereka memilih 13 set ban yang terdiri dari 4 ban medium, 4 ban lunak, dan 5 ban super lunak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.