Sukses

Bukan Guardiola, Ini Pelatih yang Paling Penting bagi Messi

Messi membeberkan pelatih yang paling berjasa dalam kariernya.

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi mencapai puncak kejayaan di Barcelona saat diasuh oleh Pep Guardiola. Berbagai gelar, baik di liga domestik, Eropa, dan individu, berhasil dicapainya saat bermain di bawah asuhan Pep.

Namun ternyata, Pep bukanlah pelatih yang berperan paling penting dalam karier Messi. Lantas, siapakah pelatih yang mendapat predikat tersebut?

"Semua pelatih telah mengajarkan saya sesuatu, tapi mungkin pelatih terpenting dalam karier saya adalah Frank Rijkaard," kata Messi seperti dikutip dari Football Espana.

Baca Juga

  • Rekan Rio Haryanto Ungkap PR Manor Jelang Seri Bahrain
  • Bek Fenerbahce Bisa Buat MU dan PSG Gigit Jari
  • Pengangguran, Brendan Rodgers Asik Main Golf Bareng Aktris Seksi

Messi punya alasan sendiri mengapa dia memilih Rijkaard. Ya, Rijkaard-lah orang yang berjasa memberikan Messi tempat di tim utama. "Jika dia tidak mempercayai saya, mungkin saya tidak tahu di mana saya berada sekarang," kata Messi.

Frank Rijkaard dinilai Messi sebagai pelatih yang paling berjasa dalam kariernya / AFP

Pemain asal Argentina itu menambahkan, Rijkaard sangat mempercayainya di saat ia masih sangat muda. Apalagi, ketika itu Messi juga sedang dalam perawatan penyakit hormon pertumbuhan yang menghambat pertumbuhan tubuh Messi.

"Saya tidak mengerti apa yang sedang terjadi. Saya sangat muda dan orangtua saya melakukan apa pun yang mereka bisa," ujar Messi.

"Saya tidak punya masalah beradaptasi dengan kehidupan normal, bermain di luar bersama teman saya atau pergi ke sekolah. Jadi, itu tidak terlalu sulit buat saya. Saya selalu mengikuti saran dokter," kata Messi mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.