Sukses

24 Wasit Terbaik akan Pimpin ISC

Dari 36 wasit yang diajukan untuk memimpin pertandingan ISC, klub hanya memilih 24 wasit dan terbaik tiga kelas, yakni A, B, dan C.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Soccer Championship (ISC) akan mulai bergulir 29 April 2016 dengan laga Persipura Jayapura kontra Persija Jakarta di Stadion Mandala, Papua, sebagai partai pembuka kompetisi ini. Sebanyak 24 wasit terbaik siap memimpin pertandingan yang diikuti oleh 18 klub profesional di Tanah Air.

Baca Juga

  • Marquez Sang Raja MotoGP Austin dan Bayang-bayang Rossi
  • Rekor Unik Rossi di MotoGP Austin
  • ISIS Berniat Lancarkan Teror Selama Euro 2016

Direktur Utama PT Gelora Trisula Semesta (GTS) Joko Driyono mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 36 nama-nama wasit yang akan dinominasikan untuk memimpin di ISC A.

"Wasit pada dasarnya dimandatkan oleh federasi. Pada 22 Februari lalu PSSI telah merelakan wasitnya, tapi penugasan mereka dari GTS karena asosiasi wasit di negara manapun berafiliasi dengan federasi," kata pria yang akrab disapa Jokdri itu kepada wartawan usai rapat dengan seluruh manajer klub di The Parklane Hotel, Kuningan, Jakarta, Senin (11/4/2016).

"Karena PSSI tengah dibekukan, terobosan GTS pada ISC ini adalah mengajukan 36 nama wasit agar dipilih sendiri oleh klub. Prinsipnya, mekanisme pemilihan wasit oleh klub hanya 24 wasit dan terbagi tiga kelas, yakni A, B, dan C," ucap Jokdri lagi.

Bulan pertama kompetisi, yang tidak ada format promosi dan degradasi ini, wasit akan dievaluasi oleh operator. "Tapi, baru diklasifikasi pada bulan kedua ISC. Intinya, wasit punya kontrak langsung dengan GTS dan mendapatkan gaji bulanan, tak dikaitkan dengan berapa kali mereka bertugas," papar Jokdri

"Itu konsekuensi yang diambil PT GTS. Ini untuk membuktikan integritas wasit adalah keputusan kolektif klub," Jokdri mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.