Sukses

Chen Long Kalahkan Chong Wei, Malaysia Gagal Gusur Indonesia

Chong Wei tiga kali beruntun cuma bisa meraih medali perak.

Liputan6.com, Rio de Janeiro- Malaysia harus menelan pil pahit kembali gagal merebut medali emas Olimpiade 2016. Pebulutangkis andalan Malaysia Lee Chong Wei harus mengakui keunggulan pemain Tiongkok, Chen Long, di partai final, Sabtu (20/8/2016) malam WIB.

Kegagalan ini membuat Chong Wei tiga kali beruntun hanya mampu meraih medali perak di Olimpiade. Dua edisi sebelumnya, Chong Wei juga dijegal oleh Lin Dan. Malaysia pun harus puas terpuruk di posisi 60 klasemen sementara perolehan medali. Mereka baru mendapat 4 perak dan 1 perunggu.

Padahal, bila Chong Wei mampu meraih emas, Malaysia dapat berbangga diri melewati perolehan medali Indonesia yang cuma kebagian tiga medali dengan rincian satu emas dan dua perak. Untuk negara Asean, Thailand masih yang terbaik. Mereka berada di urutan 31 setelah mendapat dua emas, dua perunggu dan dua perak. 

Sedangkan, posisi Indonesia berada di bawah Thailand. Tim Merah Putih sejauh ini telah mengemas 1 emas, dua perak, tanpa perunggu. Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menyumbangkan satu emas dari cabang bulutangkis. Sedangkan, Sri Wahyuni dan Eko Yuli Irawan mempersembahkan medali perak dari cabang angkat besi.

Singapura mendapatkan satu medali emas melalui Josep Schooling dari cabang renang. Dia merebut emas dari nomor 100 meter gaya kupu-kupu. Schooling mengalahkan jagoan renang Amerika Serikat, Michael Phelps. Emas tersebut menjadi sejarah sepanjang keikutsertaan Singapura di Olimpiade.

Klasemen Negara Asean

31. Thailand 2 emas 2 perak 2 perunggu
41. Indonesia 1 emas dua perak 0 perunggu
47. Vietnam 1 emas 1 perak 0 perunggu
52. Singapora 1 emas 0 perak 0 perunggu
60. Malaysia 0 emas 4  perak 1 perunggu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.