Sukses

2 Sosok Kunci Timnas Vietnam Pernah Rasakan Tangan Dingin Riedl

Riedl pernah beberapa kesempatan melatih Timnas Vietnam.

Liputan6.com, Sleman - Pertandingan persahabatan antara Indonesia melawan Vietnam akan menjadi laga yang emosional untuk pelatih Tim Merah Putih, Alfred Riedl. Bagaimana tidak? Riedl akan melawan mantan anak asuhnya yang pernah dia didik beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Riedl sempat tiga kali menjadi juru racik taktik timnas Vietnam. Periode pertama terjadi pada tahun 1998-2000. Pelatih asal Austria itu berhasil membawa The Golden Stars menjadi runner-up di Piala AFF 1998.

Setelah itu Riedl kembali menangani timnas Vietnam pada Februari 2003 hingga Desember 2003. Pada periode yang singkat ini, Riedl tak mampu memberikan prestasi yang menawan.

Riedl kembali didapuk untuk mengisi kursi panas pelatih timnas Vietnam pada tahun 2005 hingga Oktober 2007. Di era ketiganya menjadi pelatih Vietnam, Riedl berhasil membawa Le Cong Vinh dan kawan-kawan meraih peringkat ketiga di Piala AFF 2007.



Seringnya Riedl menjabat sebagai pelatih membuatnya memiliki banyak kenangan di timnas Vietnam. Menariknya ketika memimpin timnas Indonesia melawan Vietnam pada laga uji coba nanti sore WIB, dia akan bertemu mantan anak asuhnya semasa masih memperkuat The Golden Stars.

Lalu siapa saja mantan anak asuh yang akan dihadapi Riedl? Berikut daftarnya:

1. Le Cong Vinh

Le Cong Vinh merupakan salah satu pemain yang mampu bersinar hasil dari tangan dingin Riedl. Bagaimana tidak, nama Cong Vinh mulai dikenal di sepak bola Asia Tenggara saat menjadi bagian timnas Vietnam pada ajang Piala AFF 2007 dan Piala AFC 2007.

Pada saat itu, Cong Vinh masih berusia 21 tahun dan sudah dipercaya Riedl untuk mengisi lini depan The Golden Stars. Keputusan Riedl terbukti tepat setelah Cong Cinh mampu mencetak tiga gol di ajang Piala AFF.

Bahkan, Cong Vinh saat ini menjadi top scorer sepanjang masa timnas Vietnam dengan gelontoran 47 gol. Tak sampai di situ, Cong Vinh juga menjadi pemain paling populer di Negeri Paman Ho saat ini.



2. Nguyen Huu Thang

Nguyen Huu Thang saat ini menjabat sebagai pelatih timnas Vietnam. Uniknya, Huu Thang juga merupakan mantan anak asuh Riedl di timnas Vietnam.

Huu Thang dan Riedl sempat berada dalam satu tim pada tahun 1998-2000. Kala itu, Huu Thang yang berstatus sebagai pemain menjabat sebagai kapten tim.

Kolaborasi Riedl dan Huu Thang berhasil membawa Timnas Vietnam melaju ke babak final Piala Tiger 2008. Sayang keduanya gagal meraih trofi usai Vietnam takluk 0-1 dari Singapura di partai puncak.

Huu Thang sendiri memperkuat timnas Vietnam selama enam tahun. Pelatih yang saat ini berusia 44 tahun itu mampu menorehkan 55 caps dan mencetak 12 gol bersama tim dari Negeri Paman Ho.

(Penulis: Yosef Deny Pamungkas)

Video Terkini