Sukses

Kilas Balik Laga Uji Coba Timnas Indonesia Vs Vietnam

Vietnam menjadi lawan kedua timnas Indonesia selepas sanksi FIFA.

Liputan6.com, Jakarta Genderang perang Piala AFF 2016 kini sudah memasuki babak genting. Kini, ajang dua tahunan se-ASEAN tersebut, sudah masuk ke fase semifinal, yang mulai dihelat pada 3 Desember 2016 mendatang kala Indonesia terlebih dahulu menjamu Vietnam.

Ini berarti bakal jadi pertemuan ketiga Indonesia vs Vietnam sepanjang 2016. Sebelumnya, Skuat Garuda hanya mampu meraih maksimal hasil seri dalam laga yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu 9 Oktober 2016 lalu.

Kala itu, Vietnam menjadi lawan kedua timnas Indonesia selepas sanksi FIFA. Diawal laga, Indonesia dikejutkan oleh gol cepat yang dicetak Vietnam saat pertandingan baru berjalan empat menit melalui tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskan Le Van Thang.

Indonesia yang tertinggal satu gol merespons dengan dengan tampil menyerang. Namun, justru Vietnam yang berhasil menggandakan keunggulan di menit 12.

Umpan silang Nguyen Trong Hoang berhasil disambar Vu Minh Tuan tanpa mampu diselamatkan Andritany Ardhiyasa.

Tak patah arang, skuat Garuda akhirnya mampu bangkit dari ketertinggalan setelah tendangan bebas cantik Zulham Zamrun di menit 28 berhasil merubah skor menjadi 1-2.

Satu menit berselang, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari akselerasi Andik Vermansyah di sisi kiri pertahanan Vietnam yang dihalau oleh bek Vietnam, kemudian Irfan Bachdim sukses mendorong bola.

Tak ada gol tambahan yang terjadi di babak kedua. Hingga peluit panjang, timnas hanya mampu bermain imbang 2-2 lawan Vietnam.

Sanksi FIFA

Skuat Garuda gantian mampir ke Hanoi pada 8 November 2016 lalu. Sempat unggul 1-0 dan 2-1, melalui Boaz Solossa serta Bachdim, Skuat Merah Putih mengakhiri laga dengan kekalahan 2-3 dalam laga di My Dinh National Stadium, Hanoi.

Dua gol Vietnam di babak kedua membuat Indonesia mengalami kekalahan pada uji coba terakhir jelang laga Piala AFF 2016. Ini sekaligus kekalahan pertama Indonesia dalam laga internasional seusai sanksi FIFA dicabut.

Tentu, itu laga semifinal nanti akan berbeda dari dua laga uji coba. Atmosfer serta semangat penggawa Garuda pastinya akan berlipat ganda.

Terlebih, secara rekor pertemuan, kedua tim sama kuatnya. Dari 8 kali bertemu, baik Indonesia maupun Vietnam sama-sama baru meraih satu kemenangan, enam laga di antaranya berakhir dengan imbang.

So, bagaimana hasil dalam Semifinal nanti? Menarik untuk dinantikan apakah Skuat Garuda mampu terbang ke partai puncak. (I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini