Sukses

Rakornas MPI Antisipasi Perkembangan Muay Thai di Indonesia

Muay Thai Profesional Indonesia (MPI) gelar rakornas pertama sejak terbentuk empat tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Muay Thai Profesional Indonesia (MPI) bakal menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) di Karawaci Tangerang, 28-30 April. Tujuan rakornas MPI yaitu untuk memperkuat sekaligus menyatukan mesin organisasi baik di pusat maupun provinsi.

Ini menjadi rakornas pertama MPI sejak pertama kali terbentuk empat tahun lalu."Sudah banyak calon-calon kader yang mampu mengurus MPI di wilayah provinsi. Ini terlihat dari pertumbuhan banyaknya sasana atau pusat pelatihan di tingkat provinsi, bahkan hingga ke wilayah kota maupun kabupaten," ujar Ketua Umum MPI Frans Mohede seperti rilis yang diterima media.

Seiring berkembangnya Muay Thai, kata dia, pemahaman terhadap olahraga ini diharapkan bisa lebih baik. Maka itu, dibutuhkan pengembangan metode pelatihan dan penularan ilmu seputar olahraga asal Thailand ini.

"Mereka perlu belajar mempertahankan eksistensi dan juga mengembangkan diri dari yang sekarang hanya dalam tingkat jasa pelatihan menjadi lebih besar ke tingkat pengembangan atlet dan kompetisi," ujarnya.

Melalui rakornas MPI 2017, telah tercatat 100 praktisi Muay Thai di Indonesia yang akan turut serta, yang berdatangan dari 20 provinsi di Tanah Air. Para peserta yang berpartisipasi pada rakornas ini, lanjut Frans, diharapkan dapat melebarkan sayap MPI dalam membangun industri olahraga Muay Thai profesional.

"Selain itu juga MPI membidik target untuk menambah serta saling berbagi informasi seputar perangkat pertandingan (wasit dan juri) di tingkat nasional," katanya.

"Dan tentunya, melalui rakornas ini kami ingin memperkaya sumber daya manusia, pelatih Muay Thai yang qualified, cerdas, dan profesional," Frans, menambahkan.

Video Terkini