Sukses

VTV Cup: Hajar Vietnam, Timnas Putri Indonesia ke Final

Timnas Putri Indonesia akan menunggu pemenang antara Jepang U-23 dan Suwon Hyundai di final VTV Cup.

Liputan6.com, Hanoi - Timnas Putri Indonesia meraih tiket final turnamen bola voli VTV Cup. Tim asuhan Risco Herlambang ini menyingkirkan tuan rumah Vietnam pada babak semifinal dengan skor 3-2 (21-25, 20-25, 25-23, 25-19, dan 15-12).

Bertanding di GOR Nha Thi Dau, Hai Duong, Vietnam, Kamis (13/7/2017) malam WIB, Timnas Putri Indonesia kalah di dua set awal. Namun, Wilda Siti Nurfadhilah dan kawan-kawan mampu bangkit di tiga set berikutnya.

Melawan Vietnam yang didukung ribuan pendukungnya, Risco memainkan skuatnya terbaiknya. Wilda, Tri Retno Mutiara, Hany Budiarti, Aprilia S. Manganang, Yolla Yuliana, dan Nandita Ayu Salsabila plus libero Berlian Marsheilla dimainkan sejak awal set pertama.

Bagus diblok, Wilda dan kawan-kawan justru lemah dipenerimaan bola pertama. Akibatnya, mereka sulit melancarkan serangan dan memberi poin mudah untuk Vietnam. Risco kemudian menarik keluar Hany dan memainkan Novia Andriyanti.

Di set kedua, situasi tidak berubah. Penerimaan bola pertama yang tidak bagus membuat Indonesia kembali kalah dari Vietnam.

Tertinggal 0-2, Risco kemudian mengubah susunan pemainnya. Ia memainkan Asih Titi Pangestuti dan Yolana Betha Pangestika dengan mengistirahatkan Yolla dan Tiara.

Pergantian pengumpan dari Tiara ke Yolana sangat berpengarih pada pemainanan Indonesia. Vietnam terlihat sangat sulit untuk membendung serangan yang dilancarkan Wilda dan kawan-kawan. Masuknya Megawati Hangestri menggantikan Novia membuat serangan Indonesia lebih tajam dan blok lebih rapat.

Situasi serupa terjadi di set keempat. Vietnam masih sulit mengantisipasi serangan Indonesia. Mereka kembali menyerah di set ini sehingga pertandingan dilanjutkan ke set kelima.

Pada set penentuan, pertandingan berlangsung seru. Vietnam yang sempat tertinggal 0-2 mampu menyamakan skor 4-4. Tetapi, pemain Indonesia mencoba santai menghadapi situasi ini. Wilda dan kawan-kawan justru terlihat sering tertawa dan tersenyum di lapangan.

Sempat unggl 13-9, Vietnam lagi-lagi bisa memperkecil skor menjadi 12-13. Namun, pukulan Wilda memanfaatkan pengembalian bola tanggung mengakhiri perlawanan Vietnam. Timnas putri Indonesia pun lolos ke final.

Di final, Timnas Putri Indonesia akan menunggu pemenang antara Jepang U-23 dan Suwon Hyundai, yang baru akan bermain pada Jumat (14/7/2017).

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.