Sukses

Kejuaraan Voli Asia 2017: Kazakhstan Juara, Kans Indonesia?

Kazakhstan sapu bersih kemenangan di grup A Kejuaraan Voli Asia. Ini memaksa Indonesia wajib menang lawan Qatar.

Liputan6.com, Jakarta Timnas voli Kazakhstan meraih hasil sempurna saat menjalani laga pamungkas Grup A Kejuaraan Voli Asia 2017. Mereka mempermalukan Arab Saudi 3-0 di GOR Tri Dharma, Gresik, Rabu (26/7/2017).

Hasil itu membuat Kazakhstan menjadi satu-satunya tim di Grup A Kejuaraan Voli Asia 2017 yang selalu meraih kemenangan. Melawan Arab, tanda-tanda kemenangan anak asuh Igor Nikolchaenko itu sudah terlihat sejak set pertama.

Mereka memenangkan set pertama dengan skor telak 25-13. Pada set kedua, mereka sempat mendapatkan perlawanan dari Arab. Tapi mereka tetap bisa mengakhiri duel dengan keunggulan 25-22. Pada set ketiga, Kazakhstan kembali menunjukkan dominasinya hingga menutup duel dengan skor 25-17.

"Arab Saudi terlihat bermasalah dengan mental. Itu adalah masalah yang biasa dimiliki tim-tim Asia. Berbeda dengan kami. Saat kami sedikit tertekan pada set kedua, tapi kami tetap mampu menjaga mental dan konsentrasi," ujar Nikolchaenko saat dihampiri usai pertandingan.

Berkat kemenangan itu pula Kazakhstan menobatkan dirinya sebagai juara Grup A Kejuaraan Voli Asia 2017. Mereka mampu meraih tujuh poin dari tiga laga. Sebelumnya mereka menang 3-2 atas Qatar dan 3-2 atas Indonesia.



Situasi itu membuat timnas voli Indonesia tak memiliki pilihan selain menang atas Qatar jika ingin lolos ke 8 besar. Sebelumnya, Indonesia bisa saja berharap tetap lolos meski kalah dari Qatar. Syaratnya, mereka kalah dengan skor 2-3 dan Kazakhstan menyerah 0-3 dari Arab Saudi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tim Kedua

Pada laga melawan Arab, Kazakhstan mengaku memainkan tim keduanya, bukan tim utama seperti saat menghadapi Qatar dan Indonesia. Hal itu diakui Nikolchaenko sebagai strategi untuk mengistirahatkan para pemainnya sebelum tampil di 8 besar.

Maklum, mereka akan bertemu lawan-lawan berat di Grup E 8 besar Kejuaraan Voli Asia 2017. Mereka sudah dipastikan akan menghadapi tim seperti Jepang dan Korea Selatan serta tim yang menjadi runner-up Grup A.

"Tak akan ada persiapan khusus. Kami siap menghadapi siapa pun di babak selanjutnya. Motivasi kami begitu tinggi dengan kesuksesan ini," tegas Nikolchaenko.

Bagi Arab, kekalahan itu semakin mempertegas status mereka sebagai juru kunci Grup A. Itu karena mereka sama sekali tak mendapatkan poin dari tiga laga. Sebelum bertemu Kazakhstan, mereka takluk 0-3 dari Qatar dan 1-3 dari Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.